Sukses

Jadwal Final Liga Champions 2022/2023: Inter Milan Menunggu Lawan, Manchester City atau Real Madrid?

Usai menyingkirkan AC Milan, Inter Milan menunggu lawan pada final Liga Champions 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta - Inter Milan menunggu lawan pada final Liga Champions 2022/2023. mereka bakal menghadapi pemenang Manchester City vs Real Madrid di laga puncak.

I Nerazzurri terlebih dahulu melangkah usai mengalahkan AC Milan 1-0 pada leg kedua semifinal, Rabu (17/5/2023) dini hari WIB. Lautaro Martinez mencetak gol tunggal kemenangan Inter pada menit ke-74 untuk membawa timnya menang agregat 3-0.

Inter Milan bakal bertindak tim tamu pada final nanti berdasar hasil undian sebelumnya. Ini akan jadi penampilan pertama mereka di partai puncak kompetisi sejak terakhir kali berjaya pada 2010. 

Total Inter sudah memenangkan Liga Champions sebanyak tiga kali. Selain 2010, mereka menguasai Eropa pada 1964 dan 1965.

Selaku pemegang hak siar kompetisi, Emtek bakal menyiarkan partai pamungkas Liga Champions nanti eksklusif melalui SCTV dan Vidio.

Berikut jadwal final Liga Champions:

Minggu, 11 Juni 2023

02.00 WIB: Manchester City/Real Madrid vs Inter Milan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manchester City dan Real Madrid Sama Kuat

Inter bakal bersua pemenang duel Manchester City dan Real Madrid. Mereka baru melakoni leg kedua semifinal pada Kamis. Pertemuan pertama kedua tim di Estadio Santiago Bernabeu pekan lalu berakhir imbang 1-1. Momen brilian dua individu yakni Vinicius Junior dan Kevin De Bruyne menjadi highlight laga ketat tersebut.

Mengingat bertaburnya bintang di masing-masing skuad, bukan tidak mungkin cerita sama kembali hadir pada pertandingan penentu nanti.

"Kami datang dengan kepercayaan diri. Kami juga datang dengan membawa pemain terbaik," kata pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti dilansir dari laman resmi klub.

Kesuksesan menghindari kekalahan besar di markas Los Blancos membuat Man City difavoritkan bisa menyingkirkan sang juara bertahan. Apalagi rapor anak asuh Pep Guardiola di markas sendiri sangat baik. Mereka mencatat kemenangan di 15 pertandingan kandang terbaru, untuk total tidak terkalahkan dalam 22 partai.

"Tidak banyak yang akan saya katakan pada pemain jelang pertandingan semifinal kedua melawan Real Madrid. Saya hanya ingatkan mereka agar tetap tenang. Lakukan saja seperti yang sudah kita jalani pada 4-5 tahun terakhir," ungkap Guardiola.

Namun, Guardiola tahu performa dan statistik tidak berarti apa-apa melawan tim seperti Madrid. Setelah dipastikan kehilangan takhta La Liga ke Barcelona, Karim Benzema dan kawan-kawan bertekad menambah koleksi trofi musim ini usai menjuarai Copa del Rey.

Liga Champions adalah pertaruhan utama mereka. Meski gagal berjaya pada empat lawatan ke markas Man City, keberhasilan menumbangkan Liverpool dan Chelsea dalam kunjungan ke Inggris di babak sebelumnya membuktikan Real Madrid tidak mungkin dipandang sebelah mata.

3 dari 3 halaman

Venue Final Liga Champions Tetap di Turki?

Selain lawan, Inter Milan juga menunggu apakah lokasi final nanti tetap sesuai rencana. Pasalnya, venue pertandingan berpotensi berubah empat edisi secara beruntun. Setelah dalam tiga musim terakhir dua kali dipindah dari Turki dan sekali dari Rusia, kejadian sama bisa terulang lagi tahun ini.

Istanbul, Turki seperti diketahui telah ditunjuk sebagai tuan rumah final Liga Champions untuk musim 2020 dan 2021. Namun pandemi Covid-19 yang saat itu tengah menggerogoti dunia membuat partai puncak kompetisi perebutan trofi di Kuping Besar kala itu terpaksa dipindah ke Portugal. 

Tahun lalu kejadian yang sama juga terjadi kepada St Petersburg, Rusia sebagai tuan rumah Liga Champions 2022. UEFA selaku otoritas sepak bola di Eropa terpaksa memindahkan lokasi venue ke Paris, Prancis sebagai buntut invasi yang dilakukan oleh negeri Beruang Merah terhadap Ukraina. 

Nah, tahun ini, final Liga Champions sejatinya berlangsung di Istanbul, Turki. Namun UEFA kabarnya ingin memindahkan lokasinya menyusul situasi politik di negara tersebut.

Kebetulan agenda ini bakal digelar pada akhir bulan Mei atau berdekatan dengan final Liga Champions yang jatuh pada 11 Juni 2023. UEFA khawatir ada potensi kerusuhan yang mungkin terjadi bila masa jabatan Presiden Recep Tayyip Erdogan selama sembilan tahun berakhir lewat pemilihan akhir bulan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini