Sukses

Dipaksa Thomas Doll Turunkan Berat Badan, Andritany Makin Moncer di Persija

Andritany Ardhyasa mengungkapkan kunci kesuksesannya dalam menjaga gawang Persija Jakarta pada BRI Liga 1. Pelatih Macan Kemayoran Thomas Doll punya andil dalam hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Kiper sekaligus kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa merasakan betul pengaruh Thomas Doll di BRI Liga 1 yang berakhir pada pertengahan April lalu. Berkat polesan pelatih asal Jerman itu, Persija berhasil rebut runner up.

Keberhasilan Persija melewati musim yang luar biasa juga didukung penampilan gemilang Andritany.Dia berhasil menjadi kiper dengan angka kebobolan paling sedikit dengan 27 gol dan jadi kiper di Best XI musim 2022/2023.

Menurut Andritany, meningkatnya performa tim dan dirinya dibandingkan musim lalu tak lepas dari kehadiran pelatih Thomas Doll. Juru taktik asal Jerman itu dinilai sosok yang sangat detail dalam proses membangun tim.

Andritany memberikan contoh bahwa dirinya sempat menjalani program khusus sebelum musim dimulai. Hal itu disebabkan karena ia mengalami overweight dan kondisi tersebut dinilai aspek minor oleh Thomas.

"Kedatangan Pelatih (Thomas Doll) pada musim ini membuat sepak bola kita di upgrade. Saya pun salah satu pemain yang di upgrade oleh pelatih. Saat pramusim sempat kelebihan berat badan dan saya didorong oleh pelatih untuk menurunkan berat badan," ucap Andritany seperti dikutip situs Persija.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kiper Persija Rasakan Pengaruh Turun Berat Badan

Program khusus yang diberikan kepada Andritany berujung sukses. Selama 34 laga di musim 2022/2023, kiper berusia 31 tahun itu menjadi palang pintu yang dapat diandalkan. Kiper yang akrab dipanggil Bagol itu berhasil melakukan penyelamatan sebanyak 95 kali dan 15 laga nirbobol.

“Hal itu dilakukan pelatih itu untuk performa saya tidak mudah cedera. Alhamdulillah semua itu terbukti di mana saya bermain di seluruh laga musim 2022/2023 dan tidak mengalami cedera sedikit pun. Sejak kedatangan pelatih, kami benar-benar dituntut untuk menjadi pesepak bola profesional,” tuturnya.

Sementara itu memasuki pengujung musim, Andritany pun mendapat perpanjangan kontrak hingga 2026 bersama Riko Simanjuntak.

“Saya bahagia dengan perpanjangan kontrak tiga tahun. Itu adalah hal yang sangat luar biasa. Saya berterima kasih kepada pelatih dan manajemen karena masih mempercayai saya untuk bermain di tim ini,” ujar pemain bernomor punggung 26 itu.

3 dari 5 halaman

Persija Raih Clean Sheet Terbanyak

Selain angka kebobolan yang lebih sedikit, Persija pun memiliki rapor yang lebih baik dari jumah nirbobol atau clean sheet. Gawang Tim Ibu Kota yang dijaga Andritany Ardhiyasa dalam 34 partai (sempat diganti di satu pertandingan) total berhasil 15 kali nirbobol. Unggul satu partai dibandingkan PSM.

Gawang Persija berhasil tak ternoda dalam laga vs Rans Nusantara (3-0), Persita (1-0), Arema FC (1-0), Barito Putera (1-0), Madura United (0-0), Borneo FC (1-0), PSS (2-0), Persikabo 1973 (1-0), Arema FC (2-0), Madura United (0-0), PSIS (1-0), Persib (2-0), Persebaya (1-0), Dewa United (1-0), dan PSS (5-0).

Andritany mengungkapkan rahasia di balik kesuksesan Persija dalam menjadi tim paling sering clean sheet dan sedikit kebobolan di Liga 1 2022/2023. Ia pun bersyukur bisa menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak.

4 dari 5 halaman

Persija Punya Pertahanan Kokoh

Andritanny mengatakan kekokohan pertahanan Persija tak hanya bergantung kepada kiper. Namun peran pemain lain juga penting.

“Bahagia sudah pasti. Tapi semua ini terjadi bukan karena kehebatan seorang saja, tetapi dari kerja keras tim,” kata Andritanny seperti dikutip situs Persija.

“Kerja keras bukan hanya dari lini pertahanan saja, tetapi mulai dari striker hingga penjaga gawang. Tahun ini memang luar biasa. Saya dijaga oleh Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, bahkan sempat ada Hanif Sjahbandi dan beberapa pemain lainnya," dia menambahkan.

5 dari 5 halaman

Peringkat Persija di Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.