Sukses

KLB PSSI 2023 Sedang Berlangsung, Simak Susunan Acaranya di Sini

KLB PSSI bakal menentukan ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota exco periode 2023-2027.

Liputan6.com, Jakarta Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI berlangsung di Hotel Shangri-La, Kamis (16/2/2023). Para pemilik suara akan memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (exco) PSSI yang baru untuk masa jabatan 2023 hingga 2027 mendatang.

KLB pemilihan sejatinya baru digelar pada November 2023 mendatang. Namun Tragedi Kanjuruhan memaksa PSSI mempercepat agenda ini menyusul rekomendasi tim gabungan pencari fakta (TGIPF).

Saat ini, PSSI masih dipimpin oleh ketua umum, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu terpilih lewat kemenangan mutlak pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta, 2019 lalu.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah kandidat dan para pemilik suara sudah berdatangan ke lokasi KLB PSSI. Salah satunya adalah Menteri BUMN sekaligus calon ketua umum PSSI Erick Thohir. 

Erick Thohir tiba sekitar pukul 08.48 WIB dengan didampingi ajudannya. Erick Thohir tidak sempat memberikan statement jelang pemilihannya. Sosok yang pernah menjadi pemegang saham terbesar Inter Milan itu menyebut akan ada waktu bagi dirinya untuk bersuara.

Selain Erick, seharusnya terdapat empat nama lain yang akan bersaing memperebutkan posisi ketua umum. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Doni Setiabudi, dan Arif Putra Wicaksono. Namun,  Fary Djemy Francis memilih mundur sehari sebelum pemilihan dan mengalihkan dukungan kepada Erick.

Sementara itu, 16 calon bakal bersaing memperebutkan dua posisi wakil ketua umum. Nama-nama yang turut bersaing dalam bursa termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan eks Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Adapun posisi anggota komite eksekutif (exco) akan diperebutkan oleh 55 wakil. Beberapa nama yang telah duduk di jabatan serupa periode lalu, kembali mencalonkan diri untuk menempati posisi yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mekanisme Pemilihan

Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI Amir Burhanudin mengungkapkan, mekanisme pemilihan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027 di KLB PSSI akan dilakukan secara terpisah. Untuk jabatan calon ketua umum akan dipilih sendiri, begitu juga calon waketum dan anggota Exco PSSI.

"Agar dinyatakan terpilih, para calon harus mendapatkan suara 50 persen plus satu dari yang total pemilik suara yang hadir," ujar Amir di Jakarta belum lama ini. (Simak mekanisme pemilihan di sini). 

3 dari 3 halaman

Susunan Acara KLB PSSI

KLB PSSI dijadwalkan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB. Pemilihan akan diikuti oleh 87 pemilik suara atau voters. Mereka terdiri dari, 34 Asosiasi Provinsi, 18 Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 Liga 3, Federasi Futsal Indonesia, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia.

 

Berikut ini adalah susunan acara KLB PSSI 2023:

09.00-09.30

* Pembukaan

* Pembacaan Doa

* Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

* Menyanyikan Mars PSSI

* Mengheningkan Cipta

* Sambutan Ketua Umum PSSI

* Sambutan Menpora RI sekaligus membuka KLB PSSI 2023

 

09.30-Selesai

* Penyampaian Tata Cara Pemilihan

* Pemilihan Ketum PSSI

* Pemilihan Waketum PSSI

* Pemilihan Anggota Ecxo PSSI

* Penutupan Kongres

* Pidato Ketum PSSI Terpilih 2023-2027

* Pembacaan Doa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.