Sukses

Dua Jurnalis Meninggal Dunia Saat Meliput Piala Dunia 2022: LeBron James Ikut Kehilangan

Piala Dunia 2022 telah memasuki babak semifinal yang akan mempertemukan Kroasia vs Argentina dan Prancis Vs Maroko.

Liputan6.com, Jakarta Lagi, jurnalis meninggal saat meliput Piala Dunia 2022 Qatar. Kali ini kabar duka datang dari photografer asal Al Kass TV, Khalid al-Misslam. Dia menjadi wartawan kedua yang meninggal selama turnamen ini. 

Seperti dilansir dari Gulf Times, Al-Misslam meninggal mendadak. Korban merupakan wartwan lokal Qatar. 

"Al- Misslam, meninggal tiba-tiba saat meliput Piala Dunia 2022 Qatar. Kami percaya Allah akan mengampuni dan memaafkannya, dan duka mendalam dari kami kepada pihak keluarga," bunyi Twit media tersebut. "Semua kita milik Allah dan suatu saat akan kembali kepada-Nya," Gulf Times menambahkan. 

Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai penyebab kematian Al-Misslam. Media lain, yakni 7News menyebut, Al-Misslam meninggal dunia saat siaran tapi tidak merinci kronologis kejadiannya. 

Al- Misslam seperti diketahui merupakan jurnalis kedua yang meninggal selama Piala Dunia 2022. Sebelumnya, wartawan kawakan asal Amerika Serikat, Grant Wahl juga meninggal dunia di Qatar. 

Pria berusia 48 tahun itu meninggal Jumat lalu saat Argentina bertemu Belanda di perempat final. 

Sumber-sumber resmi menyebutkan, kalau Wahl sempat mendapat pertolongan pertama sebelum dilarikan ke rumah sakit. Sayang, nyawa pioner penulis sepak bola di Amerika Serikat itu tidak bisa diselamatkan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

LeBron James Kehilangan

Wahl belakangan mengelola situs sendiri bernama Substack. Sebelumnya, nama Wahl dikenal setelah 24 tahun berkarier di Sports Illustrated. Salah satu artikel terbaiknya adalah saat 2002 dia bepergian ke Akron, Ohio, bertemu LeBron James, yang saat itu bermain di tim junior St. Vincent-St. Mary High School.

Cerita ini sangat membekas bagi LeBron James dan pemain LA Lakers itu merasa kehilangan atas kerpergian Wahl.

"Anda telah memberikan dampak yang luar biasa kepada saya dan keluarga dan saya sangat menghargai Anda," tulis LeBron James mengenang Wahl. "Pria dan jurnalis yang baik. Rest In Paradise Grat Wahl."

 

3 dari 5 halaman

Kondisi Memburuk

Penyebab kematian Wahl juga tidak diketahui. Namun melalui situs pribadinya, Wahl awal pekan lalu sempat menyampaikan kondisi kesehatannya yang mengalami penurunan dalam 10 hari terakhir. 

Dia juga mengaku sedang menjalani pengobatan antibiotik bronkitis. "Tubuhku akhirnya remuk," katanya. 

"Apa yang tadinya terasa seperti flu biasa dalam 10 hari terakhir berubah jadi sesuatu yang lebih parah pada malam laga AS-Belanda, dan saya bisa merasakan dada bagian atas saya mengalami tekanan dan ketidaknyamanan yang baru," beber pria yang baru saja merayakan ulang tahun ke-48 itu. 

 

4 dari 5 halaman

Sepak Bola AS Berduka

Federasi Sepak Bola Amerika Serikat ikut terpukul atas kepergian Wahl. Mereka mengaku kehilangan sosok yang ikut memberi warna terhadap perjalanan olahraga sepak bola di negeri Paman Sam. 

"Penggemar sepak bola dan jurnalis dengan kualitas terbaik. Kami tahu kami selalu dapat mengandalkan Grant untuk menyampaikan cerita yang berwawasan dan menghibur tentang permainan kami, dan protagonis utamanya," bunyi pernyataan duka dari Federasi Sepak Bola Amerika Serikat.

“Keyakinan Grant pada kekuatan permainan untuk memajukan hak asasi manusia akan tetap menjadi inspirasi bagi semua orang. Grant menjadikan sepak bola sebagai pekerjaannya, dan kami sangat terpukul karena dia dan tulisannya yang brilian tidak akan lagi bersama kami," federasi menambahkan. 

Jangan lewatkan jadwal semifinal Piala Dunia 2022 di halaman selanjutnya. 

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

Rabu (14/12/2022)

02.00 WIB: Kroasia Vs Argentina (Lusail Stadium: Live di SCTV, Indosiar, Nex Parabola dan Vidio

 

Kamis (15/12/2022)

02.00 WIB: Prancis vs Maroko (Al Bayt Stadiumm): Live di SCTV, Indosiar, Nex Parabola dan Vidio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.