Sukses

Brasil Dedikasikan Kemenangan Piala Dunia 2022 Melawan Korea Selatan untuk Pele

Liputan6.com, Jakarta - Brasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah mengandaskan perlawanan Korea Selatan. Tim Samba menang 4-1 di Stadion 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12) dini hari WIB.

Brasil sudah unggul 4-0 di babak pertama melalui gol Vinicius Junior, Neymar, Richarlison, dan Lucas Paqueta. Korea Selatan hanya bisa membalas dengan satu gol Paik Seung-Ho pada babak kedua.

Setelah pertandingan, para pemain Brasil membawa bendera dan spanduk ke lapangan bertuliskan nama dan gambar Pele. Banyak pendukung Selecao yang juga membawa spanduk serupa.

Seperti dikutip Fot Mob, sebelum pertandingan Pele menuliskan pesan untuk para pemain Brasil lewat Twitter. Pele, yang memenangkan Piala Dunia tiga kali bersama Brasil, menuliskan akan menonton pertandingan babak 16 besar dari tempat tidur rumah sakit dan memberikan dukungan seperti biasa.

Sekadar informasi, Pele dirawat di rumah sakit awal pekan ini. Pria berusia 82 tahun itu harus dirawat setelah dilaporkan berhenti menjalani kemoterapi untuk kanker usus.

"Pada tahun 1958, saya berjalan-jalan memikirkan untuk memenuhi janji yang saya buat kepada ayah saya," kata Pele. "Saya tahu hari ini banyak yang membuat janji serupa dan juga mencari Piala Dunia pertama mereka."

"Saya akan menonton pertandingan dari rumah sakit dan saya akan mendukung kalian masing-masing. Semoga berhasil!" ucap Pele.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kondisi stabil

Pele akan menonton pertandingan Brasil melawan Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari ranjang rumah sakit tempatnya dirawat. Pesan itu disampaikan legenda Brasil ini lewat akun Twitter miliknya.

Neymar dan kawan-kawan kemudian menanggapi pesan Pele itu dengan kemenangan 4-1 atas Korea Selatan. Tak hanya itu, mereka membentangkan spanyol di lapangan dengan tulisan dan gambar pemenang Piala Dunia tiga kali itu.

Di tengah laporan yang belum dikonfirmasi, Pele telah dipindahkan ke perawatan paliatif usai gagal menanggapi pengobatan kemoterapi. Tapi, rumah sakit yang merawat pria berusia 82 tahun itu menggambarkan kondisinya sebagai stabil.

Pele kemudian meredakan kekhawatiran seputar kesehatannya dengan memposting di akun Instagram miliknya pada Sabtu (3/12) lalu. Dia mengatakan tetap kuat dengan banyak harapan.

 

3 dari 3 halaman

Lawan Kroasia

Setelah menyingkirkan Korea Selatan, Brasil akan melawan Kroasis di perempat final Piala Dunia 2022. Kroasia meraih tiket babak delapan besar usai mengandaskan Jepang lewat adu tendangan penalti 3-1 (1-1) di Stadion Al Janoub Stadium, Senin (5/12) malam WIB.

Pertandingan Brasil kontra Kroasia akan berlangsung di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, 9 Desember mendatang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS