Sukses

Hasil Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia: Lionel Messi Bawa Tim Tango ke Perempat Final

Liputan6.com, Jakarta Argentina berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Australia dengan skor 2-1 di Stadion Ahmad Bin Ali Stadium, Qatar, Minggu (4/12/2022). Dalam duel ini, bintang Albiceleste Lionel Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. 

Bertanding di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Argentina tampil menyerang sejak peluit kick off dibunyikan. Tanpa kehadiran Angel Di Maria di sisi kanan, skuad asuhan Lionel Scaloni itu tetap mampu merepotkan barisan pertahanan Sooceroos di menit-menit awal pertandingan. 

Pada menit ke-16, Fernandez berhasil melepas umpan yang melewati kepala para pemain belakang Australia. Bola kemudian mengarah kepada Alvarez yang berdiri bebas. Sayang, dia gagal mengontrol bola dengan baik hingga mengalir ke luar lapangan dan goal kick untuk Australia. 

Australia sesekali melancarkan serangan ke jantung pertahanan Argentina. Namun kokohnya barisan perthanan Albiceleste sulit ditaklukkan. 

Setelah melalui berbagai skema serangan yang gagal, Argentina akhirnya memecah kebuntuna. Pada menit ke-35, tendangan menyusur tanah Lionel Messi dari sela-sela pemain Australia mampu membawa Tim Tango unggul 1-0. Ini merupakan gol ketiga Lionel Messi di Piala Dunia 2022. Gol ini semakin terasa spesial karena dicetak pada laga ke-1000 yang sudah dilalui oleh pemain yang dijuluki La Pulga tersebut. 

Tidak ada skor yang tercipta hingga turun minum. Argentina tetap memimpin 1-0 atas Australia. '

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak II

Di awal babak kedua, Argentina melakukan pergantian di barisan pertahanannya. Lisandro Martinez masuk menggantikan Papu Gomez. 

Meski demikian, serangan Argentina tidak kendor.  Sebaliknya, pressing ketat yang dilakukan sejak dari lini depan membuat barisan pertahanan Australia melakukan kesalahan. Pada menit ke-57, Argentina akhirnya berhasil menggandakan keunggulannya lewat Julian Alavarez.

Berawal dari blunder yang dilakukan bek Australia Rowless saat memberikan back pass penjaga gawang, Alvarez berhasil mencuri bola dan melepaskannya ke gawang Socceroos.  Skor pun berubah 2-0 untuk Argentina.  

Tertinggal dua gol, Australia tampil lebih berani dalam menyerang. Pergantian demi pergantian pemain yang dilakukan pelatih  Graham Arnold mulai menunjukkan perubahan. Alur serangan Socceroos semakin dahsyat. Dan puncaknya adalah pada menit ke-77. Sepakan keras Goodwin dari luar kotak penalti mampu mengubah kedudukan jadi 1-2 setelah berbelok akibat membentur Enzo Fernandez dan berubah gol bunuh diri. 

Argentina berusaha memperlebar jarak. Setidaknya dua peluang emas sempat mampir di kaki Lautaro Martinez yang masuk di babak kedua. Sayang, tak satupun yang berhasil berbuah gol. Sepakannya masih belum menemui sasaran.

Lionel Messi juga mendapat satu peluang emas di dalam kotak penalti, tapi bola justru mengalir ke sisi kiri gawang Australia. 

Australia bukannya tanpa peluang. Socceroos dua kali nyaris menyamakan kedudukan jelang laga usai. Pertama lewat solo run Behich yang mampu menembus hingga kotak penalti. Sayang tendangannya berhasil dimentahkan oleh bek Argentina, Lisandro Martinez. Di masa injury time, Australia kembali membuka peluang lewat Kuol. Sayang, sepakannya masih berhasil dibendung oleh Emmiliano Martinez.

Ini jadi akhir perjuangan Australia. Hingga peluit panjang, Argentina tetap memimpin 2-1. Argentina selanjutnya akan berhadapan dengan Belanda pada baabk perempat final. Sebelumnya, Tim Oranye berhasil lolos dari babak 16 besar usai mengalahkan Amerika Serikat 3-1. 

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain:

Argentina: E. Martinez, Molina, Romero, Otamendi, Acuña, De Paul, Enzo Fernández, Mac Allister, Messi, Álvarez, Papu Gomez.

Pelatih: Lionel Scaloni

Australia: Ryan, Degenek, Rowles, Souttar, Behich, Baccus, Mooy, Irvine, Leckie, Duke, McGree.

Pelatih: Graham Arnold

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS