Sukses

Klasemen Grup D Piala Dunia 2022: Bekuk Denmark, Prancis Amankan Tiket 16 Besar

Liputan6.com, Jakarta - Prancis membuka jalan mempertahankan gelar juara. Les Bleus menjaga kans usai memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pasukan Didier Deschamps memastikan tempat usai membekuk Denmark 2-1 di Stadion 974, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Prancis mengoleksi enam angka dari dua laga. Sebelumnya mereka menghancurkan Australia 4-1 pada pertandingan pertama. Perolehan tersebut tidak mungkin dikejar para rival di Grup D. 

Di sisi lain, Denmark dalam posisi terjepit. Baru memiliki satu poin, mereka bakal terlibat duel menentukan melawan Australia untuk memperebutkan satu tempat lain di perdelapan final Piala Dunia Qatar, Rabu (30/11/2022).

Sementara Prancis bertemu Tunisia pada waktu bersamaan.

Simak klasemen Piala Dunia 2022 pada persaingan Grup D berikut ini:

Pos Negara  Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin 
1 Prancis 2 2 0 0 6-2 6
Australia  2-4 
Denmark  1-2 
Tunisia  0-1 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bungkam Denmark

Laga Prancis vs Denmark disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio serta melalui jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Les Bleus mendominasi penguasaan bola sejak awal laga. Sang juara bertahan Piala Dunia dengan sabar coba membongkar pertahanan Denmark.

Bek Raphael Varane menyundul bola yang sulit diantisipasi kiper Kasper Schmeichel. Beruntung bagi Denmark, masih ada Joachim Maehle yang dengan sigap membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Selanjutnya giliran Rabiot yang beraksi. Dia menanduk umpan silang Ousmane Dembele untuk menguji refleks Schmeichel.

Prancis terus menekan. Selanjutnya giliran Antoine Griezmann yang memaksa Schmeichel bekerja. Sementara tendangan Dembele dan Aurelien Tchouameni diblok bek Denmark.

Denmark tidak tinggal diam. Melalui serangan balik cepat, Andreas Cornelius belum tepat sasaran.

Masih ada peluang bagi Prancis di sisa waktu babak pertama. Namun eksekusi Giroud melambung. Kedua tim masih sama kuat pada jeda.

3 dari 3 halaman

Mbappe Jadi Penentu

Prancis dan Denmark melanjutkan duel sengit di babak kedua. Denmark tampil lebih berani dan coba mengejutkan Prancis. Tapi, pendekatan tersebut membuka ruang di pertahanan mereka.

Mbappe menggunakan kecepatan untuk memaksimalkan situasi itu. Namun, tendangannya tepat ke arah Schmeichel.

Tidak lama berselang, giliran Griezmann yang mendapat peluang. Sayang usahanya jauh melambung.

Tekanan Prancis akhirnya berbuah gol. Mbappe berkolaborasi dengan Theo Hernandez untuk menaklukkan Schmeichel pada menit ke-61.

Dalam keadaan tertinggal, Denmark terpaksa bermain lebih ke depan. Kondisi demikian membuat mereka dilema, mengingat Prancis memiliki Mbappe, Dembele, dan pemain pengganti Marcus Thuram.

Toh Denmark mampu menyamakan kedudukan. Andreas Christensen memaksimalkan sepak pojok yang gagal diantisipasi pertahanan Prancis di menit ke-68.

Gol ini menambah kepercayaan diri Denmark. Mikkel Damsgaard memaksa penjaga gawang Prancis Hugo Lloris melakukan penyelamatan. Denmark bahkan menurunkan striker kedua yakni Kasper Dolberg.

Meski begitu, justru Prancis yang kembali memimpin. Mbappe mencetak gol keduanya di menit ke-86 setelah menerima bola dari Griezmann.

Mbappe masih memiliki kans untuk menggenapi hattrick. Tapi tendangannya diantisipasi Schmeichel. Prancis akhirnya mengamankan kemenangan pada laga ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS