Sukses

Senegal Panggil Dukun Demi Kesembuhan Sadio Mane Jelang Piala Dunia

Senegal akan menggunakan dukun untuk memastikan Sadio Mane fit untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Bintang Bayern Munchen, Sadio Mane diragukan tampil di turnamen di Qatar, yang dimulai hanya dalam 10 hari, setelah mengalami cedera dalam kemenangan 6-1 Bundesliga atas Werder Bremen pada Rabu (9/11/2022).

Belum diketahui berapa lama dia akan absen, tetapi bos Senegal Aliou Cisse dilaporkan akan memasukkannya ke dalam skuad 26 pemainnya terlepas dari kapan diumumkan. Dan tim medis akan berusaha keras dalam upaya mereka untuk menyembuhkannya.

Fatma Samoura, orang No. 2 di FIFA setelah Gianni Infantino, mengatakan kepada Europe 1 negaranya akaan menggunakan dukun dalam upaya menyembuhkan Mane.

"Saya tidak tahu (apakah itu efektif), tetapi dalam hal ini, kami akan tetap menggunakannya. Kami mengharapkan keajaiban. Dia harus ada di sana," kata Fatma dinukil dari Daily Star, Jumat (11/11/2022).

Mane adalah pemain utama Senegal dan tanpa dia, peluang mereka untuk bicara banyak di Piala Dunia sangat tipis. Pasalnya, dia-lah yang membimbing negaranya menuju kejayaan Piala Afrika awal tahun ini.

Meskipun gagal mengeksekusi penalti di final melawan Mesir, ia melanjutkan untuk melakukan tendangan penalti yang menentukan dalam adu penalti setelah mereka bermain imbang 0-0. Dia dinobatkan sebagai pemain terbaik setelah mencetak tiga gol dan mencatatkan dua assist.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peran Penting Mane

Mane kemudian bentrok dengan mantan rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah lagi dalam kualifikasi untuk Piala Dunia. Dan dia mencetak penalti kemenangan sekali lagi untuk mengamankan tempat mereka di Qatar.

Pemain berusia 30 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa negaranya pada bulan Juni, setelah mencetak 33 gol di panggung internasional, dan akan menjadi kehilangan besar di Qatar jika dia tidak dapat pulih tepat waktu.

Dia sedang on fire untuk Bayern sejak bergabung di musim panas, dengan 11 gol dan empat assist dalam 23 penampilannya di semua kompetisi, tetapi sekarang tidak akan tampil dalam pertandingan terakhir mereka sebelum Piala Dunia di Schalke akhir pekan ini.

 

3 dari 5 halaman

Piala Dunia Edisi Ketiga

Bagi Senegal, Piala Dunia 2022 adalah edisi ketiga yang mereka ikuti. Sebelumnya, Senegal tampil di Piala Dunia 2002 Jepang-Korea Selatan, dan Piala Dunia 2018 Rusia.

Senegal menorehkan prestasi terbaik di Piala Dunia 2002 dengan lolos hingga babak perempatfinal.

Dalam laju yang luar biasa itu, Senegal sang debutan berhasil menumbangkan Prancis 1-0 yang berstatus sebagai juara bertahan saat itu.

Penampilan Senegal terbilang luar biasa karena saat itu, Prancis masih diperkuat skuat juara 1998. Mereka adalah Vincent Candela, Bixente Lizarazu, Patrick Vieira, Youri Djorkaeff, Lillian Thuram, hingga Fabien Barthez. Adapun Gol kemenangan Senegal dicetak Papa Bouba Diop pada menit ke-30.

Di partisipasi yang ketiga, Senegal kini tidak hanya ingin menjadi tim pelengkap di Piala Dunia. Penyerang Senegal, Sadio Mane menegaskan, timnya akan bersaing untuk merah gelar juara.

"Piala Dunia adalah mimpi saya yang baru. Pertama, saya harus lolos (ke Piala Dunia). Namun, saya juga ingin percaya pada proyek gila ini. Memenangi Piala Dunia bersama Senegal adalah salah satunya," kata Mane.

 

4 dari 5 halaman

Generasi Emas

Senegal saat ini memiliki generasi emas setelah era El Hadji Diouf dan Aliou Cisse sendiri yang mengejutkan pada Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang.

Senegal datang ke Piala Dunia 2022 dengan status sebagai raja Afrika. Tim berjuluk Singa Teranga itu mengelahkan Mesir pada partai final Piala Afrika 2021. Tim yang diperkuat bintang anyar Bayern Munchen Sadio Mane itu menang adu penalti 5-4.

Menariknya, Senegal menyegel tiket ke Piala Dunia 2022 juga menghadapi Mesir dalam pertandingan yang menegangkan di babak ketiga kualifikasi. Lagi-lagi, penalti adalah jalan yang harus ditempuh untuk menentukan pemenang antara Senegal dan Mesir.

5 dari 5 halaman

Daftar Skuad Senegal

Timnas Senegal yang tergabung di Grup A akan melakoni laga pertama menghadapi Belanda pada 21 November 2022. Selanjutnya melawan tuan rumah Qatar dan terakhir kontra Ekuador.

Pelatih Senegal Aliou Cisse sudah mengumumkan daftar 26 pemain di Piala Dunia Qatar.

Mane jadi andalan bersama duo Chelsea Edouard Mendy dan Kalidou Koulibaly, serta Idrissa Gueye dari Everton. Nama lain yang mendapat garansi tempat adalah Cheikhou Kouyate dan Ismaila Sarr.

Berikut daftar pemain Senegal di Piala Dunia 2022:

Kiper: Edouard Mendy, Alfred Gomis, Seny Diang

Belakang: Bouna Sarr, Saliou Ciss, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo, Ibrahima Mbaye, Abdoulaye Seck, Fode Ballo Toure, Cheikhou Kouyate

Tengah: Pape Matar Sarr, Pape Gueye, Nampalys Mendy, Idrissa Gana Gueye, Moustapha Name, M. Loum Ndiaye, Joseph Lopy

Depan: Sadio Mane, Ismaila Sarr, Bamba Dieng, Keita Balde, Habib Diallo, Boulaye Dia, Famara Diedhiou, Mame Babe Thiam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.