Sukses

Hasil Liga Champions: Liverpool Lolos, Atletico Tersingkir

Liputan6.com, Jakarta- Liverpool akhirnya ikut memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Champions. The Reds melaju usai menang telak 3-0 di kandang Ajax Amsterdam pada matchday kelima yang berlangsung Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.

Main di Johan Cruijff Arena, Liverpool hampir kebobolan saat laga berjalan tiga menit. Steven Berghuis lolos dari kawalan pertahanan Liverpool. Beruntung tembakan Berghuis masih membentur tiang gawang.

Ajax kembali mendapat dua peluang emas di pertengahan babak pertama. Pertama usaha Berghuis masih melebar. Kemudian tendangan Jorge Sanchez masih bisa diamankan oleh Alisson Becker.

Liverpool baru mulai bisa mengendalikan permainan memasuki menit 25 ke atas. Sebuah peluang didapat Mohamed Salah di menit 29, tapi masih membentur pemain bertahan Ajax. Peluang lain dari Harvey Elliott juga masih belum bisa menembus gawang Ajax.

Tiga menit jelang turun minum, Liverpool akhirnya bisa memimpin. Umpan silang Jordan Henderson dengan baik diselesaikan oleh Salah. Pemain asal Mesir itu memperdaya kiper Ajax Remko Pasveer dengan tendangan lob.

Liverpool hampir menambah gol lagi di menit 44. Umpan Roberto Firmino disambar Darwin Nunez. Sayangnya bola masih membentur tiang gawang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Liverpool tanpa gas di awal babak kedua. Empat menit setelah rehat Nunez sukses menggandakan skor. Eks pemain Benfica ini menanduk umpan silang dari bek kiri Andrew Robertson.

Di menit 51, Liverpool menambah penderitaan Ajax. Kali ini Elliott yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menuntaskan umpan terobosan dari Salah.

Pada sisa pertandingan, Ajax terus mengempur Liverpool. Akan tetapi rapatnya pertahanan The Reds membuat Ajax gagal mencetak gol hingga peluit panjang ditiup wasit.

Dengan kemenangan ini Liverpool menemani Napoli lolos ke babak 16 besar Liga Champions dari Grup A. Liverpool mengoleksi 12 poin, terpaut tiga angka dari Napoli yang memuncaki klasemen.

Ajax berada di posisi tiga dengan poin tiga. Karena cuma tersisa satu laga lagi maka Ajax tidak akan bisa lolos ke babak 16 besar. Mereka akan berebut posisi tiga dengan Rangers untuk berlaga di Liga Europa.

3 dari 3 halaman

Atletico

Sementara itu Atletico Madrid harus menelan pil pahit dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar. Pasukan Diego Simeone ini tersisih usai cuma bermain imbang 2-2 dengan Bayer Leverkusen.

Main di kandang sendiri, Stadion Wanda Metropolitano, Atletico bahkan nyaris kalah dari Leverkusen. Tim tamu sempat memimpin dua kali di laga ini.

Dua gol Leverkusen dicetak dua pemain sayapnya Moussa Diaby dan Callum Hudson-Odoi. Sedangkan dua gol balasan Atletico disarangkan winger Yannick Carrasco dan gelandang Rodrigo De Paul.

Tersingkirnya Atletico tidak lepas dari kekalahan 0-4 yang dialami Club Brugge dari tamunya FC Porto. Dengan demikian Porto yang mengamankan satu tiket tersisa dari Grup B.

Brugge memang sudah pasti lolos ke 16 besar sejak matchday keempat. FC Porto kini menempel Brugge dengan cuma terpaut satu poin. Kedua tim akan bersaing memperebutkan status juara grup di laga terakhir.

Atletico menempati posisi tiga dengan lima poin. Mereka harus saling sikut dengan Leverkusen memperebutkan tiket ke Liga Europa dengan finis di urutan ketiga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS