Sukses

Indonesia International Series 2022: Atlet PB Djarum Borong Gelar Juara

Liputan6.com, Yogyakarta - Kejuaraan Indonesia International Series 2022 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (25/9) malam, selesai digelar. Indonesia sebagai tuan rumah sukses tampil sebagai juara umum dengan menyapu bersih gelar juara. Dari pencapaian tersebut, jajaran atlet besutan PB Djarum memborong tiga gelar juara dan dua posisi runner up.

Ketiga gelar itu direbut ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, dan atlet muda Mutiara Ayu Puspitasari di nomor tunggal putri.

Sementara posisi runner up diraih oleh ganda putri Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa dan Melati Daeva Oktavianti yang berduet dengan atlet PB Jaya Raya Jakarta Moh Reza Pahlevi Isfahani di ganda campuran.

Pencapaian Mutiara menjadi yang paling menarik perhatian. Bagaimana tidak, lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2016 itu menjadi atlet termuda yang meraih gelar juara.

Atlet badminton kelahiran Ngawi, 17 Mei 2006, itu menduduki podium tertinggi setelah mengandaskan wakil Indonesia lainnya yang diunggulkan di posisi ketiga, Stephanie Widjaja. Mutiara menang lewat pertarungan sengit tiga game dengan skor akhir 15-21, 21-10, dan 22-20.

"Bersyukur banget bisa juara di turnamen ini. Tadi game pertama pas kalah saya tidak memikirkannya dan berusaha untuk main aman di game kedua. Terus di game ketiga sempat ketinggalan dari lawan, saya berusaha untuk nggak menyia-nyiakan kesempatan," kata Mutiara usai pertandingan.

"Kunci kemenangan tadi gimana caranya saya untuk mengarahkan bola ke tengah saja, agar tidak keluar dan nggak buru-buru ingin cepat matiin. Tadi lawan mainnya bagus, dan pertandingan ini cukup menyulitkan bagi saya."

Meski demikian, Mutiara mengaku masih banyak evaluasi yang harus dibenahi agar lebih matang lagi di turnamen selanjutnya yang akan diikuti. "Banyak evaluasi yang harus saya tingkatkan lagi. Terutama dari segi fokus sama ketahanan di lapangan," pungkas Mutiara.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bangga

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengapresiasi hasil yang diraih para atlet PB Djarum, baik yang saat ini bermukim di klub maupun Pelatnas. "Dengan hasil ini, tentunya cukup bangga dengan atlet-atlet binaan PB Djarum yang meraih gelar juara. Baik itu yang saat ini berlatih di klub ada Dejan/Gloria, maupun yang di Pelatnas Ikhsan dan Mutiara," kata Yoppy.

"Kalau menurut saya, memang Dejan/Gloria dan Ikhsan sudah seharusnya juara di level itu, dan mereka mampu membuktikannya. Yang mengejutkan justru Mutiara, pemain muda yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang lebih di atasnya seperti di final tadi."

"Saya melihat progres Mutiara sendiri cukup pesat sekarang ini. Tetapim ujian sesungguhnya bagi Mutiara sendiri nanti saat dia tampil di WJC (World Junior Championships) tahun ini, apakah dia mampu membuktikan jadi yang terbaik. Semoga hasil ini menjadi modal kepercayaan dia di WJC maupun turnamen lainnya yang akan Mutiara ikuti nanti," papar Yoppy.

WJC 2022 akan berlangsung di Santander, Spanyol pada 17-30 Oktober 2022.

Lebih lanjut Yoppy mengatakan dengan keberhasilan Mutiara menjadi juara di turnamen kali ini, semakin menambah gairah semangat para peserta Audisi Umum PB Djarum yang akan berlangsung 19-22 Oktober 2022 di Kudus.

"Ya tentunya dengan hasil ini kita sudah membuktikan bahwa hasil pencarian bakat lewat audisi umum itu memang terbukti melahirkan juara seperti Mutiara dan atlet-atlet lainnya," ucap Yoppy.

"Saya rasa dengan kemenangan Mutiara ini bisa menambah antusias dan semangat atlet belia untuk mengikuti audisi umum nanti. Dan tentunya saya berharap lewat audisi nanti, kita bisa kembali melahirkan atlet-atlet bukutangkis berbakat yang bisa mengharumkan nama Indonesia di masa yang akan datang," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Hasil lengkap pertandingan

Ganda Campuran

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Moh Reza Pahlevi Isfahani/Melati Daeva Oktavianti 19-21, 21-9, 23-21

Ganda putra

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso vs Reinard Dhariano/Kenas Adi Haryanto 21-16, 18-21, 21-16

Ganda putri

Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa vs Ririn Amelia/Virni Putri 21-18, 13-21, 18-21

Tunggal putri

Stephanie Widjaja vs Mutiara Ayu Puspitasari 21-15, 10-21, 20-22

Tunggal putra

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Iqbal Diaz Syahputra 22-20, 21-15

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.