Sukses

Persiapan Porprov Jawa Barat XIV 2022, Pengurus Pusat Gelar Chief de Mission

KONI Jabar juga telah keluarkan surat keputusan tentang perubahan tanggal penyelenggaraan Porprov, yang sebelumnya akan digelar 5- 12 November

Liputan6.com, Jakarta Persiapan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Jawa Barat XIV/2022 terus dikebut. Selasa 6 September 2022 kemrin, Pengurus Pusat Porprov Jabar menggelar Chief de Mission II di Ballroom Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.

Gelaran CdM Meeting tersebut sebagai persiapan Porprov Jabar XIV/2022 yang akan berlangsung pada tanggal 12-19 November mendatang di sembilan kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana mengatakan, bahwa KONI Jawa Barat telah mengeluarkan surat keputusan tentang perubahan tanggal penyelenggaraan Porprov, yang sebelumnya akan digelar pada 5- 12 November menjadi 12-19 November 2022.

Perubahan jadwal itu kata Budiana dilakukan atas dasar masukan dari KONI daerah atau Konida.

Diakui Budiana, penyelenggaraan pesta olah raga multieven terbesar di Jabar tersebut akan mempertandingkan 76 sub cabang dari 56 cabang olah raga, dengan total 1000 nomor pertandingan. Sementara jumlah atlet yang ikut pada Porprov kali ini mencapai 12.904 atlet.

“Alhamdulillah CdM meeting berjalan dengan lancar dan dibuka oleh Kajati Jabar. Berdasarkan hasil monitoring yang telah dilakukan, rata-rata kesiapan daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah mencapai 90 persen," jelas Budiana.

"Sementara untuk venue pertandingan di atas 60 persen dan bahkan ada yang sudah 90 persen,” lanjut Budiana sesuai acara pembukaan CdM Meeting.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tuan Rumah

Kota dan kabupaten yang menjadi tuan rumah pun kata Budiana sangat responsif dan mendukung penuh pelaksanaan Porprov kali ini. Bahkan sampai pelaksanaan CdM Meeting, dilaporkan semua kontingen sudah siap.

PP Porprov juga telah menyediakan wadah jika nantinya ada peserta yang komplain terkait keabsahan, mutasi atlet, dan hal lainnya. Nantinya tim mutasi keabsahan dan dewan hakim akan selalu standby dan siap menerima pengaduan dari kontingen manapun.

Budiana berharap Pemerintah Provinsi Jabar dan DPRD segera mensahkan terkait anggaran perubahan, karena hal tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh PP Porprov XIV/2022. Hal lainnya yang dilakukan adalah menempatkan pengawas pengendalian (Wasdal) di kota dan kabupaten yang menjadi tuan rumah.

3 dari 5 halaman

Kepanjangan Tangan

Tim Wasdal ini akan menjadi kepanjangan tangan dari PP Porprov dan akan memantau penuh pelaksanaan Porprov termasuk hal lainnya, sehingga nantinya secara rutin akan dilaporkan kepada pengurus pusat.

"Antusiasme daerah yang sudah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov Jabar XIV ini sangat tinggi. Ini terbukti pada saat pemantauan dan pengecekan, kepala daerah serta stakeholder terkait ikut hadir dan memberikan penjelasan," imbuh Budiana.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat Nomor 426/Kep.133-Dispora/2022 terkait Penunjukkan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 terdapat sembilan kota/kabupaten sebagai tuan rumah.

Ke sembilan kota/kabupaten itu yakni Kabupateb Bandung Barat (KBB), Kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Bandung, dan KONI Jabar.*

4 dari 5 halaman

Mendukung

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Asep N Mulyana akan meminta para Kejaksaan Negeri (Kejari) di Kota dan Kabupaten di Jawa Barat untuk mendampingi tuan rumah pelaksanaan Porprov XIV 2022 yang digelar di sembilan kota/kabupaten di Jawa Barat.

Itu ditegaskan Asep N. Mulyana saat membuka Chef De Mission Meeting II di Hotel Preanger, Kota Bandung. "Untuk mensupport kegiatan Porprov ini, kami dari Kejaksaan Provinsi Jawa Barat akan memerintahkan Kejari-Kejari di daerah untuk melakukan pendampingan, termasuk mengalokasikan anggaran kegiatan nanti," tegas Asep N. Mulyana.

"Sepanjang untuk kepentingan kegiatan Porprov, pembinaan atlet, dan persiapan tentu kami dukung. Termasuk nantinya kami akan memberikan semacam jalan keluar dan langkah-langkah yang ditempuh ketika kemudian pengalihan anggaran," lanjut Asep.

5 dari 5 halaman

Dana Tambahan

Bahkan Asep menyebutkan pihaknya siap membanti dana tambahan untuk kegiatan Porprov XIV 2022.

"Kami akan mengumpulkan seluruh Kejari di Jawa Barat ikut bersama membantu panitia di daerah bersama KONI se-Jawa Barat. Termasuk Asintel Kejaksaan Jawa Barat dan teman-teman dari TNI serta kepolisian untuk mencegah sedini mungkin ancaman, hambatan, rintangan kemudian gangguan dalam rangka pelaksanaan Porprov XIV tahun 2022 ini," tutur Asep.

Terlebih lagi, Jawa Barat telah membuktikan tidak jago kandang, dimana saat PON di Papua bisa membuktikan sebagai juara umum.

"Maka tentulah Porprov sebagai ujian dan salah satu tonggak untuk kemudian momentum bagi bapak ibu sekalian membuktikan kebersamaan menuju 'Jabar Juara Untuk Indonesia', tutur Asep.

“Maka dari itu kita dukung, sama-sama semangati agar Porprov berlangsung baik. Terimakasih pak Ahmad Saefudin yang telah mengundang saya pada kesempatan ini. Ini momen yang baik buat saya menyampaikan bahwa jaksa ini tidak hanya bekerja dalam ruangan persidangan," tambah Asep sambil mengakhiri.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.