Sukses

Berapakah Berat Bola Ukuran 3?

Sepak bola merupakan permainan bola besar yang banyak digemari mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Permainan sepak bola adalah olahraga yang mudah dilakukan dan dimainkan secara tim.

Liputan6.com, Jakarta - Hal utama yang dibutuhkan dalam permainan sepak bola, tentu saja bola itu sendiri. Pasalnya, pertandingan sepak bola bisa saja dimainkan tanpa pelengkap lainnya, seperti gawang bahkan sepatu khusus.

Namun, apakah bisa seseorang bermain sepak bola, tanpa menggunakan bola? Tentu saja tidak.

Seorang pemain sepak bola akan diklasifikasikan berdasarkan usianya. Begitu pula dengan ukuran bola yang akan digunakan saat latihan.

Dilansir melalui Soccer Ball World, terdapat 5 ukuran bola berdasarkan usia pemain, simak penjelasannya di bawah ini.

Berat Bola Ukuran 3

Berat bola ukuran 3 digunakan oleh pemain usia 5-8 tahun. Bola ukuran 3 merupakan bola kecil yang digunakan dalam permainan sepak bola oleh pemain muda. Berapakah berat bola ukuran 3?

Berat bola ukuran 3 memiliki berat 11-12 ons atau 0,31-0,33 kg. Bola ukuran 3 juga berdiameter 23-24 inci atau berkisar 58,5-61 cm.

Berat Bola Ukuran 5

Berat bola ukuran 5 digunakan oleh rentang usia 12 tahun keatas, termasuk para pemain professional yang sudah biasa berlaga. Ini merupakan ukuran bola yang biasa digunakan sebagai standar internasional permainan sepak bola.

Berat bola ukuran 5 memiliki diameter 27-28 inci atau 68-70 cm dengan berat bola 14-16 ons atau berkisar 0,40-0,45 kg.

Berat Bola Ukuran 4

Berat bola ukuran 4 biasanya digunakan oleh anak-anak yang berusia 8-12 tahun. Bola ukuran 4 memiliki berat 12-13 ons atau 0,34-0,36 kg dengan diameter 25-26 inci atau 63,5-66 cm.

Berat bola ukuran 4 ini merupakan ukuran yang cocok digunakan pemain muda yang baru saja mengenal dan belum memiliki kekuatan fisik yang cukup.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran Bola Terkecil

Berat Bola Ukuran 2

Selain berat bola ukuran 3, ternyata ada bola terkecil lagi di bawahnya, yaitu ukuran 2. Bola ini umumnya digunakan oleh kalangan usia 3-5 tahun.

Berat bola ukuran 2 memiliki diameter sebesar 20-22 inci setara dengan 50,8-55,88 cm dan berat 8-9 ons sekitar 0,22-0,25 kg.

Dengan ukurannya yang relatif kecil ini, berat bola ukuran 2 sangat cocok untuk anak-anak yang ingin belajar dan mengembangkan kemampuannya di sepak bola.

Tak hanya anak-anak, pemain dewasa juga bisa menggunakan bola ukuran 2 untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dalam mengontrol bola dan gerak kaki.

Berat Bola Ukuran 1

Bola ukuran 1 merupakan bola terkecil yang biasa digunakan anak-anak berusia 3 tahun kebawah. Berat bola ukuran 1 mempunyai diameter 18-20 inci atau 45,7-50,8 cm dengan berat 7 ons atau 0,19 kg.

Dengan ukuran yang minim, bola ukuran 1 sangat cocok untuk anak usia dini yang ingin mengasah kemampuan bolanya.

Selain itu, bola ukuran 1 juga bisa digunakan oleh pemain dewasa untuk meningkatkan kontrol bola.

3 dari 4 halaman

Skill Yang Harus Dimiliki Pemain Sepak Bola

Setelah mengetahui, jenis ukuran bola berdasarkan usia, seorang pemain perlu memiliki kemampuan untuk memainkannya. Dirangkum melalui buku pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas VII, adapun skill yang harus dimiliki pemain sepak bola, diantaranya menendang bola (kicking), mengumpan (passing), menghentikan bola (stopping), menggiring (dribbling), menyundul (heading), dan melempar ke dalam (throw in).

1. Kicking

Menendang bola atau kicking adalah cara yang dilakukan pemain untuk mengarahkan bola ke target sasaran yang dituju.

2. Passing

Mengumpan bola atau passing adalah metode yang dilakukan dengan cara mengoper bola ke arah rekan tim dengan cara ditendang.

3. Stopping

Menghentikan bola atau stopping merupakan gerak spesifik yang perlu dikuasai pemain. Gerakan ini bertujuan agar pemain dapat menguasai bola sehinga bola dengan mudah dapat diarahkan ke target sasaran.

 

4 dari 4 halaman

Skill Lainnya

4. Dribbling

Menggiring bola atau dribbling merupakan cara menendang bola yang dilakukan secara terputus-putus atau perlahan. Adapun tujuan dari dribbling yaitu menggiring bola untuk mendekati sasaran, melewati lawan dan menghambat laju permainan.

5. Heading

Menyundul bola atau heading biasanya dilakukan Ketika pemain ingin mencetak gol atau membuang bola. Metode ini dapat dilakukan menggunakan 3 bagian kepala, diantaranya bagian depan, sisi kiri dahi dan sisi kanan dahi.

6. Throw in

Lemparan ke dalam atau throw in dapat dilakukan jika bola bergulir melampaui garis pinggir lapangan. Tujuan dari throw in adalah melanjutkan kembali permainan akibat dari bola yang telah keluar dari lapangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.