Sukses

Lawan Malaysia di Final Piala AFF U-19 2022, Pelatih Laos Minta Dukungan Timnas Indonesia

Di final Laos kembali akan bersua Malaysia. Runner up grup B itu lolos usai mendepak Vietnam di semifinal dengan skor 3-0. Pada babak penyisihan sebelumnya, Laos menang 1-0 atas Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta Laos secara mengejutkan melangkah ke final Piala AFF U-19 2022. Tim yang menjadi jura grup B tersebut sukses membungkam Thailand 2-0 pada laga semifinal di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (13/7/2022). 

Peeter Phanthavong mengawali kemenangan Laos atas Thailand. Gol yang dicetaknya pada menit ke-18 membawa Laos unggul 1-0 atas Gajah Perang. Thailand berusaha menyamakan kedudukan. Namun peluang demi peluang yang tercipta selalu gagal berbuah gol. Sebaliknya, Laos yang tampil dengan penuh disiplin berhasil menggandakan keunggulan menjuadi 2-0 lewat Damoth Thongkhamsavat menit 84. 

Pelatih Laos, Hans Michael Weiss, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas hasil ini.

"Itu hal yang indah. Sejak saya di sini selama enam bulan, kami berusaha melakukan sesuatu," katanya dalam jumpa pers usai pertandingan seperti dilansir dari situs resmi AFF, Kamis (14/7/2022). 

"Yang terbaik akan datang. Kami bermian tidak terlalu baik dalam banyak laga, tapi kami solid dengan struktur yang bagus. Dengan sepak bola seperti ini, kami bisa memenangkan pertandingan," bebernya. 

Weiss juga tidak membantah bila timnya lebih banyak bertahan saat bertemu Thailand. Meski demikian, Weiss menilai tim lawan juga banyak membuang peluang. "Thailand kurang beruntung," katanya. 

Di final Laos kembali akan bersua Malaysia. Runner up grup B itu lolos usai mendepak Vietnam di semifinal dengan skor 3-0. Pada babak penyisihan sebelumnya, Laos menang 1-0 atas Malaysia. Babak final dan perebutan tempat ketiga akan digelar di Stadion Patriot Candrabhage, Bekasi, Jumat (15/7/2022).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sindir Suporter Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Weiss mengaku heran dengan tingkah para pendukung timnas Indonesia. Mereka hanya memberikan dudkungan lewat media sosial dan tidak hadir langsung di lapangan. 

Para pendukung tim tuan rumah seperti diketahui memang 'memihak' Laos karena Thailand dianggap telah merampas kesempatan Indonesia melaju ke semifinal. Di laga terakhir Thailand bermain imbang 1-1 melawan Vietnam hingga menyebabkan Garuda Nusantara gagal lolos setelah kalah head to head. 

Banyak suporter Timnas Indonesia yang kemudian memberikan dukungan kepada Laos. Weiss sadar akan hal ini. Namun dia kecewa karena ternyata aksi tersebut hanya ramai di media sosial saja. 

"Mereka selalu mendukung di media sosial, harusnya mereka datang ke stadion. Di SEA Games Vietnam, ada 30 ribu penonton di satu laga, tapi mana sekarang?," kata Michael Weiss menyindir. 

3 dari 4 halaman

Berharap Dukungan di Final

Meski demikian, Weiss masih berharap dukungan publik meramaikan laga final. Dia berharap para suporter timnas Indonesia bersedia datang ke stadion saat pasukannya bertemu Malaysia.

"Sekarang kami tampil di final. Ayo bersikap adil, kalian harus menunjukkan sesuatu, mereka semua pasti mendukung semua tim yang di final, tak hanya tim kami," ujar Weiss menambahkan.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final Piala AFF U-19 2022

Jumat (15/7/2022)

Perebutan tempat ketiga

15.30 WIB: Vietnam Vs Thailand

Final

20.00 WIB: Laos Vs Malaysia

Pertandingan akan disiarkan secara langsung oleh Indonesiar dan live streaming di Vidio. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.