Sukses

Lionel Messi Cetak Gol, Barcelona Benamkan Leganes

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona memetik kemenangan atas Leganes dengan skor 2-0 dalam pertandingan pekan ke-29 La Liga Spanyol 2019-2020 yang berlangsung di Camp Nou, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB.

Ansu Fati memecah kebuntuan Blaugrana lewat golnya pada menit ke-42 setelah kerja sama yang apik dengan Junior Firpo. Lionel Messi menggandakan keunggulan pada menit ke-69 lewat titik penalti.

Kemenangan ini membuat Barcelona masih kokoh di puncak klasemen La Liga dengan mengumpulkan 64 poin dari 29 laga. Tambahan tiga poin ini dibutuhkan tim asuhan Quique Setien untuk menjauhi kejaran Real Madrid.

Jalannya pertandingan

Barcelona sudah mengambil inisiatif serangan sejak menit-menit awal pertandingan. Bahkan tuan rumah mampu mengancam pertahanan Leganes pada menit pertama.

Tapi, bek Leganes, Chidozie Awaziem mampu meredam ancaman dari Ansu Fati. Barcelona mampu menekan, tapi tidak banyak peluang berbahaya yang diperoleh.

Pada menit ke-10, malah Leganes punya peluang menggetarkan gawang Barcelona ketika Guerrero melepaskan tendangan saat gawang lawan kosong, beruntung Junior Firpo bisa menghalau bola sehingga batal menjadi gol.

Barisan belakang Leganes tampil disiplin dan tidak memberikan celah untuk Barcelona menyerang. Tendangan bebas Lionel Messi pada menit ke-25 bisa dengan mudah diamankan kiper tim tamu, Cuellar.

Dua menit berselang, Ansu Fati kembali meneror pertahanan Leganes, tapi lagi-lagi Barcelona menemui jalan buntu. Lionel Messi sulit bergerak karena dalam kawalan ketat bek-bek Leganes.

Gol pemecah kebuntuan akhirnya tercipta pada menit ke-42, setelah umpan matang Junior Firpo disambut dengan tendangan keras oleh Ansu Fati, yang membuat Barcelona unggul 1-0 atas Leganes. Skor bertahan sampai turun minum.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Kedua tim memulai babak kedua dengan tempo yang relatif cukup lambat. Barcelona berhati-hati dalam membangun serangan agar tak masuk perangkap serangan balik Leganes.

Tendangan bebas Lionel Messi pada menit ke-49 bisa ditangkap Cuellar. Leganes berbalik menyerang enam menit kemudian, tapi bola bisa dihalau kiper Blaugrana, Macr-Andre ter Stegen.

Tuan rumah sempat mencetak gol kedua lewat Antoine Griezman, yang menyambar umpan silang Nelson Semedo pada menit ke-64. Tapi, setelah melihat VAR, wasit memutuskan menganulir gol itu, karena Semedo lebih dulu offside kala mengirim crossing.

Lionel Messi akhirnya menggandakan keunggulan Barcelona menjadi 2-0 pada menit ke-69 melalui titik penalti. Bola sepakan Messi mengarah ke sisi kanan gawang Leganes yang dikawal Cuellar.

Defisit dua gol membuat Leganes berusaha keluar menyerang dan mencuri gol. Namun, barisan belakang tuan rumah tidak membiarkan adanya ancaman berbahaya dari Leganes.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai, skor 2-0 untuk kemenangan Barcelona tidak berubah. Leganes pun kian terbenam di dasar klasemen usai kekalahan ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Starting line up

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Lenglet, Junior; Busquets, Arthur, Rakitic; Fati, Griezmann, Messi

Leganes: Cuéllar; Bustinza, Awaziem, Tarín, Silva; Mesa, Recio, Eraso, Ruibal, Pérez; Guerrero