Sukses

Data dan Fakta Barcelona vs Leganes: Peluang Kecil Tim Tamu

Barcelona menjamu Leganes pada lanjutan La Liga, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB.

Jakarta - Barcelona kembali menghadapi penghuni zona degradasi pada lanjutan La Liga. Setelah menghancurkan Real Mallorca, mereka kini menghadapi Leganes di Camp Nou, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB.

Lionel Messi dan kawan-kawan memulai kembali La Liga dengan permainan yang luar biasa. Meski bermain di kandang Real Mallorca, kemenangan 4-0 jelas memperlihatkan betapa antusiasme Barcelona untuk kembali berkompetisi setelah sekian lama berhenti bermain sepak bola karena pandemi virus corona COVID-19.

Bahkan laga kontra Leganes akan memperlihatkan betapa antusiasme Barcelona masih tinggi. Kali ini Barcelona menjalani laga kandang pertamanya setelah kompetisi La Liga kembali bergulir.

Bicara tentang fakta kedua tim, Barcelona punya kans besar menang atas Leganes jika melihat pertemuan pertama kedua tim. Saat itu, di kandang Leganes pada jornada 14, Barcelona mampu menang 2-1 meski lebih dulu tertinggal oleh gol Youssef En-Nesyri. Barcelona bangkit dan menang berkat gol Luis Suarez dan Arturo Vidal.

Sementara dalam laga kandang kontra Leganes pada musim lalu, Barcelona menang 3-1 lewat gol Ousmane Dembele, Luis Suarez, dan Lionel Messi. Satu gol Leganes tercipta lewat eksekusi penalti Martin Braithwaite, yang kini malah berseragam Barcelona.

Kekalahan 1-2 yang dialami Leganes saat menghadapi Real Valladolid pada pekan ke-28, bertepatan dengan kemenangan 4-0 Barcelona atas Real Mallorca, membuat tim tuan rumah dalam laga kali ini diunggulkan. Apalagi Barcelona tak mungkin mau memberikan peluang kepada rivalnya, Real Madrid untuk menggeser posisi mereka di puncak klasemen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Statistik Barcelona

Barcelona yang kini berada di puncak klasemen benar-benar mendominasi musim ini. Dari 28 laga yang sudah mereka mainkan, 19 laga di antaranya berakhir dengan kemenangan. Sembilan laga lain berakhir dengan 4 hasil imbang dan 5 kekalahan. Barcelona sudah mengemas 67 gol dan kebobolan 31 gol dalam La Liga musim ini.

Satu lagi yang memperkuat peluang Barcelona untuk menang dalam laga kali ini. Bicara statistik kandang Barcelona di La Liga musim ini, Lionel Messi dkk. belum pernah sekalipun kalah, di mana dalam 14 laga kandang yang sudah dimainkan, Barcelona meraih 13 kemenangan dan 1 hasil imbang. Barcelona mencetak 45 gol di depan pendukungnya dan baru kebobolan 12 gol di Camp Nou.

Lionel Messi masih menjadi bintang utama Barcelona dalam urusan gol. Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak mencetak gol dan memberikan assist. Pemain asal Argentina itu mencetak 20 gol dan 14 assist.

Musim ini Barcelona belum terkalahkan dalam 14 laga kandang yang sudah mereka mainkan. Ditambah 12 laga kandang terakhir La Liga musim lalu, Barcelona tercatat belum terkalahkan dalam 26 laga kandang terakhirnya di La Liga.

Bicara soal pertemuan dengan Leganes, Barcelona berhasil memenangi 7 dari 8 pertemuan terakhir kedua tim. Barcelona memenangi 3 laga kandang sebelumnya ketika menjamu Leganes di La Liga, yaitu 2-1 pada musim 2016-2017, 3-1 pada musim 2017-2018 dan 2018-2019.

Lionel Messi tak hanya menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona pada musim ini. Pemain asal Argentina itu telah mencatatkan 10 gol dalam 8 penampilannya menghadapi Leganes di semua kompetisi. Sementara Luis Suarez mencetak 5 gol dalam 7 laga menghadapi Leganes di La Liga.

3 dari 3 halaman

Statistik Leganes

Leganes saat ini terdampar di posisi ke-19 di klasemen sementara La Liga musim ini. Hal tersebut tak lepas dari jumlah kekalahan mereka yang melebihi 50 persen total pertandingan mereka pada La Liga musim ini. Leganes mengalami 15 kekalahan, 8 hasil seri, dan hanya 5 kali meraih kemenangan.

Dari lima kemenangan yang sudah mereka raih, 4 di antaranya memang diraih dalam laga kandang. Hanya satu kemenangan yang pernah diraih Leganes saat bertandang di La Liga musim ini, sementara laga tandang lain berakhir dengan 5 hasil imbang dan 7 kekalahan.

Leganes sejauh ini sudah 22 kali mencetak gol, tapi hanya berhasil mencetak 8 gol saat menjalani laga tandang. Sementara bicara total kebobolan, Leganes sudah 41 kali kebobolan, di mana 20 di antaranya terjadi saat menjalani laga tandang.

Oscar Rodriguez harus menjadi andalan dalam laga kontra Barcelona, di mana ia sudah mencetak 8 gol pada musim ini dan menjadi pencetak gol terbanyak Leganes pada La Liga musim ini. Ia juga masuk dalam jajaran pencetak assist terbanyak Leganes dengan dua assist, jumlah yang sama seperti Guido Carrillo, Kevin Rodrigues, dan Roque Mensa.

Dalam 6 laga terakhirnya di La Liga, Leganes hanya meraih satu kemenangan. Lima laga lain berakhir dengan 2 hasil imbang dan 3 kali kalah. Leganes juga gagal mencetak gol dalam 7 dari total 11 laga tandang terakhirnya di La Liga.

 

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 15/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini