Sukses

MotoGP: Valentino Rossi Bertekad Taklukkan 3 Rider Muda Yamaha

Liputan6.com, Urbino - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku bertekad kembali bertarung di papan atas meski musim balap MotoGP 2020 dipastikan bakal berjalan singkat akibat adanya pandemi virus corona (Covid-19).

Seperti dilansir situs MotoGP, The Doctor pun ingin bangkit dari keterpurukan tahun lalu. Pada 2019, Rossi diketahui hanya dua kali naik podium, dan hanya mengakhiri musim di peringkat 7.

Selain itu, ia belum menang lagi sejak MotoGP Belanda 2017. Ia yakin ia harus keluar dari kesulitan ini, dan pebalap berusia 41 tahun itu kini merasa optimistis berkat adanya perombakan teknis di dalam Yamaha.

"Pada paruh kedua musim lalu, hasil saya tak sesuai harapan. Kami harus lebih kuat dan cepat. Kami tak kompetitif dan kehilangan rasa nyaman di atas motor," kata Valentino Rossi.

"Tapi dengan beberapa orang baru di garasi dan lainnya, kami harus coba menemukan cara untuk kembali ke depan dan kembali kompetitif. Inilah target saya," ujarnya.

Motor YZR-M1 2020 diketahui mendapatkan tambahan tenaga demi mengejar kecepatan puncak Ducati dan Honda. Walaupun Valentino Rossi mengakui peningkatan baik ini, ia juga menyebut penyaluran tenaganya belum mulus. Walau begitu, ia merasa optimistis Yamaha telah menuju arah yang tepat untuk bersaing di MotoGP 2020.

2 dari 3 halaman

Tantangan Lain

"Uji coba pramusim saya tak terlalu buruk. Saya cukup puas. Tampaknya sejak akhir musim lalu, Yamaha mengubah banyak hal teknis, dan motor baru kami lebih baik, lebih cepat, dan lebih bertenaga. Mereka bekerja keras, dan jika 100%, motor kami bisa jadi motor pemenang," ungkapnya.

Di lain sisi, selain faktor teknis, sembilan kali juara dunia ini mengakui ada tantangan lain yang harus ia hadapi, yakni tiga rider muda Yamaha lainnya, yakni Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli, yang ia yakini bakal tampil jauh lebih garang dari sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Pesaing Hebat

"Yamaha punya banyak pembalap yang hebat. Selain saya, ada tiga rider muda yang sangat kuat. Fabio menjalani musim debut yang impresif, Maverick juga tampil sangat baik, dan Franco juga sangat kuat. Bagi saya, selalu sangat menarik dan menantang bertarung dengan mereka di atas motor yang sama," tuturnya.

Disadur dari Bola.net, Anindhya Danartikanya published 27/5/2020