Sukses

Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Kurangi Risiko Terjangkit Virus Corona Covid-19

Di Indonesia virus corona telah menjangkiti 2.738 orang dan menewaskan 221 jiwa. Banyaknya kasus positif itu membuat tenaga medis kewalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona Covid-19 belum juga mereda sejak virus itu ditemukan Desember lalu di Tiongkok. Ada lebih dari 1,4 juta orang yang dinyatakan positif dengan tingkat kematian mencapai 82.084 serta 302.209 dinyatakan pulih menurut worldometers pada Rabu (8/4/2020).

Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan pasien positif terbanyak yakni 400.540 dengan jumlah kematian mencapai 12.857.

Italia menjadi negara dengan korban jiwa terbanyak yakni 17.127. Total, ada 135.586 orang dinyatakan positif di sana.

Di Indonesia virus Corona telah menjangkiti 2.738 orang dan menewaskan 221 jiwa. Banyaknya kasus positif itu membuat tenaga medis kewalahan.

Pada saat bersamaan, Pemerintah Indonesia juga mencari cara agar virus tidak meluas dan yang telah terjangkit bisa ditangani. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengadakan tes PCR.

Terlepas dari usaha itu, warga masyarakat juga dapat berusaha mandiri untuk meminimalisasi risiko terkena virus Corona. Selain mengisolasi diri di rumah, meningkatkan imun tubuh juga harus dilakukan.

Melansir situs Covid-19.go.id, memakan buah dan sayur dapat menjadi pilihan. Pasalnya, buah dan sayur yang kaya antioksidan mengandung polifenol, vitamin C, likopen dan berbagai jenis vitamin B yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona Covid-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih yang Disuka

Buah dan sayur yang dikonsumsi pun tidak terbatas pada jenis tertentu. Beragam buah seperti apel, alpukat, belimbing, delima, jeruk, mangga, manggis, pisang, markisa, nanas, pepaya, rambutan, sirsak dapat dimakan tergantung kesukaan masing-masing.

Untuk sayur, usahakan mengonsumsi sayur yang kaya serat. Tak hanya lancarkan BAB, tapi juga hasilkan probiotik dalam usus besar untuk kekebalan tubuh. Pilih sayur yang Anda suka: daun hijau, terong, wortel, kecambah/ toge, labu kuning, atau brokoli.

Sebelum dimakan, buah dan sayur itu jelas harus dicuci bersih terlebih dahulu. Luangkan waktu untuk olah raga dan berjemur terkena sinar matahari.

3 dari 3 halaman

Jangan Stress

Setelah mengonsumsi buah dan sayur, usahakan jangan stress. Itu akan menyebabkan imun tubuh berkurang.

Cobalah beristirahat cukup dan bicarakan kekhawatiran Anda bersama keluarga. Mengikuti informasi virus Corona memang penting tapi tak kalah penting bersantai, bermain dengan keluarga, memasak dan semuanya dilakukan di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.