Sukses

5 Fakta Tewasnya Kobe Bryant dalam Kecelakaan Helikopter

Liputan6.com, Jakarta- Berita duka cita menyelimuti basket dunia. Legenda NBA,  Kobe Bryant, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan helikopter di Calabasas, California Minggu (26/1/2020) atau Senin dinihari WIB. Kecelakaan helikopter itu menewaskan sembilan orang, termasuk putri Kobe Bryant yang baru berusia 13 tahun Gianna Bryant.

Dilansir Liputan6.com dari Businessinsider, Senin (27/1/2020) atlet 41 tahun mantan bintang LA Lakers itu meninggal dunia saat terbang menggunakan helikopter untuk mengikuti latihan basket bersama sang putri di klub basket miliknya, Mamba Academy.

Kabar meninggalnya Kobe Bryant ini tentu saja menjadi duka mendalam tak hanya bagi keluarga ataupun sahabat. Tak sedikit pula netizen yang turut menyatakan duka mendalamnya di media sosial.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/1/2020) berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Kobe Bryant dalam kecelakaan helikopter di Calabasas.

Saksikan Video Kobe Bryant di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

1. Helikopter terbakar

Dalam kecelakaan terjadi saat mereka tengah berada di helikopter Sikorsky S-76. Kecelakaan tersebut terjadi di Calabasas, Califonia, Amerika Serikat. Kelima penumpang yang berada di dalam pun ditemukan meninggal dunia saat tim penyelamat datang.

Sebelumnya, helikopter yang ditumpangi oleh legenda NBA bersama sang putri juga diketahui terjatuh ke tanah dan meledak hingga mengakibatkan kebakaran yang cukup hebat. Tak hanya itu, lokasi jatuhnya helikopter di tengah ladang dengan rumput kering juga menyulitkan tim pemadam kebakaran yang mencoba memadamkan api di sekitar helikopter.

3 dari 6 halaman

2. Sulit melakukan evakuasi

Kecelakaan yang terjadi di sebuah lahan kosong dan ditumbuhi oleh ilalang yang sudah kering juga cukup menyulitkan proses evakuasi. Pasalnya, kobaran api dari helikopter tersebut juga menyambar ilalang sehingga api sulit dipadamkan.

Dilansir Liputan6.com dari LA Times, Senin (27/1/2020) penyebab kecelakaan yang menewaskan Kobe Bryant pun masih diselidiki. Hal ini diungkapkan langsung oleh juru bicara lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat (FAA).

4 dari 6 halaman

3. Jauh dari permukiman warga

Kecelakaan helikopter yang menewaskan lima orang termasuk Kobe Bryant sendiri diketahui terjadi jauh dari permukiman warga. Meski begitu, sejumlah saksi mata mengaku mendengar atau melihat mesin helikopter mengeluarkan suara keras sebelum terjatuh.

Beberapa warga yang tengah bersepada juga mengatakan melihat pesawat dari kejauhan yang terjatuh di sisi bukit. Hal ini diungkapkan langsung oleh Tony Imbrenda selaku tim Pmedam Kebakaran Los Angeles County.

"Pesawat yang mereka maksud adalah sebuah helikopter, dan bisa kami simpulkan adalah S-76 Sikorsky. Sayang, kami tiba di sana semua sudah tak terselamatkan," ujarnya.

5 dari 6 halaman

4. Ucapan duka dari seleb hingga Donald Trump

Meninggalnya pebasket Kobe Bryant ini pun langsung mendapatkan ucapan duka dari para netizen. Tak terkecuali para atlet lainnya, seleb hingga Donald Trump.

Usain Bolt juga mengunggah foto dirinya dengan Kobe Bryant di akun Twitter pribadinya. Ia pun tak menyangka atas kejadiaan nahas yang dialami oleh Kobe Bryant.

Penyanyi ternama Justin Bieber juga mengunggah foto lawasnya dengan Kobe Bryant di laman Instagram pribadinya. Ia pun turut terkejut dan berduka atas kejadian kecelakaan yang dialami oleh Kobe Bryant.

Donald Trump juga mengaku cukup terkejut dengan pemberitaan terkait Kobe Bryant. Ia pun menuliskan cuitan mengenai pemberitaan tersebut di akun Twitter pribadinya.

6 dari 6 halaman

5. Prestasi Kobe Bryant dari pebasket profesional hingga piala Oscar

Kobe Bryant menjadi salah satu legenda LA Lakers karena bakatnya. Dirinya memutuskan untuk berhenti dari dunia NBA pada 2016 lalu.

Sepanjang kariernya, pria kelahiran Philadelphia ini pun telah mendapatkan lima gelar NBA, yaitu pada 2000, 2001, 2002, 2009 serta 2010. Ia juga menjadi anggota basket Amerika Serikat pada Olimpiade di tahun 2008 dan 2012 saat timnya mendapatkan medali emas.

Ia juga dianggap sebagai salah satu pemain terbaik NBA. Pada permainan All Star Game, Kobe juga menjadi pemain terbaik pada 2002, 2007, 2009, dan 2011. Ia pun masuk dalam jajaran peraih skor terbanyak sepanjang sejarah NBA, yaitu di urutan keempat dengan 33.644 poin. Bahkan, dirinya juga berhasil mendapatkan dua penghargaan MVP NBA Finals.

Tak hanya itu saja, sebagai pemain basket, Kobe Bryant juga pernah mendapatkan piala Oscar dalam kategori Animated Short Film.

(Novita Ayuningtiyas/Rizki Mandasari)