Sukses

Shin Tae-yong Terkejut Kualitas Teknik Individu Pemain Indonesia

Liputan6.com, Chiang Mai - Manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong baru bekerja efektif lebih dari sepekan. Dalam periode singkat tersebut, dia memberi penilaian positif terhadap pemain.

Shin Tae-yong mengaku terkejut dengan kualitas individu pemain Indonesia. "Pemain Indonesia lebih baik daripada yang saya perkirakan," katanya.

"Tetapi saya tidak boleh berpikir terlalu jauh karena ini Asia Tenggara. Jangan abaikan itu. Saya harus menangani mereka dengan hati-hati," sambung Shin Tae-yong, dilansir Fox Sports.

Berdasar penilaian tersebut, sosok berusia 50 tahun ini berharap bisa membantu pemain berkembang. Caranya lewat rekomendasi kepada klub K-League.

"Jujur baru satu minggu jadi pelatih Indonesia, jadi belum bisa komentar apa-apa sebenarnya. Tapi kalau bisa meningkatkan kemampuan pemain, pasti saya merekomendasikan mereka pergi ke K-League. Di sana bisa banyak belajar," ungkap Shin Tae-yong.

2 dari 6 halaman

Pilih 28 Pemain

Shin Tae-yong tengah memimpin proses seleksi timnas U-19 di Chiang Mai, Thailand. Dia mengajak 28 pemain ke sana.

"Saya memilih semua pemain dengan mata sendiri. Saya menetapkan kriteria berbeda untuk setiap posisi. Striker tengah dan bek tengah kebanyakan dipilih yang tinggi dan kuat," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Genjot Fisik

Hanya memang, merujuk dari tes fisik berupa V02Max pada Rabu (22/1/2020), ketahanan tubuh Witan Sulaeman cs jauh dari kata memadai.

"Saat latihan kemarin, kami melakukan tes fisik. Hasilnya, masih jauh dari harapan coach Shin Tae-yong," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto ketika dihubungi Bola.com, Kamis (23/1/2020).

Nova mengatakan, fokusnya bersama manajer pelatih Shin Tae-yong untuk saat ini adalah meningkatkan kondisi fisik para pemain.

Pasalnya, Shin Tae-yong pernah menilai ketahanan tubuh para pemain Timnas Indonesia, termasuk U-19, tidak cukup kuat untuk bermain selama 90 menit. "Jadi kami fokus ke latihan fisik selama TC di Thailand," tutur Nova.

 

4 dari 6 halaman

Target Uji Coba Bukan Hasil

Selama di Thailand, Timnas Indonesia U-19 tidak hanya berlatih. Namun, juga dihadapi dengan rangkaian uji coba.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menghadapi enam klub, dengan empat di antaranya tim yang berasal dari Korea Selatan. Target tim berjulukan Garuda Muda ini bukan hasil. Melainkan, melihat kondisi fisik para pemain.

"Mau tak mau coach Shin Tae-yong tidak mementingkan hasil. Tapi, sejauh mana kondisi pemain terkait masalah fisik. Fokus kami selama TC di Thailand ini peningkatan fisik pemain untuk mencapai level yang diinginkan coach Shin Tae-yong," jelas Nova.

 

5 dari 6 halaman

Lawan Tim K-League

Yang terdekat, skuat berjulukan Garuda Muda ini akan berhadapan dengan tim K-League alias kompetisi kasta teratas Liga Korea Selatan pada Jumat (24/1/2020).

Pemilihan klub Korea Selatan sebagai lawan uji coba bukan tanpa sebab. Beberapa tim K-League juga tengah mengadakan pemusatan latihan di Chiang Mai, sehingga Garuda Muda tak perlu repot-repot mencari lawan.

Meski begitu, tim pelatih Timnas Indonesia U-19 belum mengungkap klub mana yang akan menjadi lawan latih tanding.

Disadur dari Bola.com (penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Benediktus Gerendo, Published 23/1/2020)

 

6 dari 6 halaman

Saksikan video Timnas Indonesia U-19 berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Indra Sjafri Sudah Lama Ditawari Jabatan Direktur Teknik PSSI
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia Vs Thailand: Ujian Perdana Shin Tae-yong