Sukses

Unai Emery Jadi Korban Teranyar, Ini Deretan Manajer Liga Top Eropa yang Dipecat Musim Ini

Jakarta - Unai Emery baru saja mendapat pukulan telak dalam kariernya. Dia kehilangan pekerjaan sebagai manajer Arsenal, Jumat (29/11/2019).

Pemecatan adalah ancaman yang nyata untuk para manajer atau pelatih sepak bola. Posisi di klasemen dan kondisi ruang ganti dapat menjadi alasan utama bagi manajemen untuk memberhentikan manajer.

Untuk kasus Unai Emery, Arsenal telah membuat keputusan yang berani. Arsenal seperti berada di persimpangan karena tak memiliki banyak pilihan.

Jika mempertahankan Emery, manajemen Arsenal akan mendapat tekanan dari suporter yang sudah kehilangan kepercayaan kepada manajer asal Spanyol tersebut. Sebaliknya, Arsenal mendapat pekerjaan yang sulit untuk mencari penggantinya.

Satu hal yang pasti, Arsenal harus benar-benar mempertimbangkan nama baru yang akan mereka datangkan. Jika tidak, kejadian seperti Emery akan berulang.

Unai Emery bukanlah manajer pertama yang kehilangan pekerjaannya di Premier League. Beberapa waktu lalu, Mauricio Pochettino juga harus meletakkan jabatannya.

Kejadian yang menimpa Pochettino di luar dugaan. Ia tidak pernah mendapat tekanan apa pun dan manajemen Tottenham memecatnya ketika kompetisi sedang berada pada periode jeda internasional.

Namun, Pochettino bukanlah manajer pertama di Premier League yang kehilangan pekerjaannya. Manajer pertama di Premier League pada musim 2019-20 yang kehilangan pekerjaannya adalah Javi Gracia.

Watford memecatnya pada September 2019. Gracia dan menggantinya dengan Quique Sanchez Flores.

Berikut ini adalah pelatih atau manajer yang kehilangan pekerjaannya pada musim 2019-20:

2 dari 5 halaman

Ligue 1 Prancis

Ghislain Printant

Saint Etienne memecat Ghislain Printant pada Oktober 2019. Mereka menggantinya degnan mantan manajer Leicester City, Claude Puel.

Sylvinho

Olympique Lyon memecat Sylvinho pada Oktober 2019. Lyon sempat mendekati Jose Mourinho untuk menjadi pelatih baru, namun Mourinho menolaknya dan berlabuh ke Tottenham Hotspur. Pada akhirnya, Lyon menunjuk Rudi Garcia sebagai pelatih anyar.

Alain Casanova

Toulouse memecat Alain Casanova pada Oktober 2019. Mereka menggantinya dengan Antoine Kombouare.

3 dari 5 halaman

Bundesliga Jerman

Niko Kovac

Niko Kovac menjadi pelatih pertama pada Bundesliga 2019-20 yang kehilangan pekerjaannya. Kovac dipecat dan Bayern Munchen belum menunjuk penggantinya. Saat ini, Bayern Munchen masih ditangani pelatih interim, Hans-Dieter Flick.

Achim Beierlorzer

FC Koln mengikuti jejak Bayern Munchen untuk memecat pelatih. Achim Beierlorzer digantikan oleh Markus Gisdol.

Sandro Schwarz

Namun, Achim Beierlorzer tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapat pekerjaan baru. Ia ditunjuk Mainz untuk menggantikan Sandro Schwarz.

Ante Covic

Teranyar, Hertha Berlin sepakat berpisah dengan Ante Covic dan menggantinya dengan Jurgen Klinsmann.

4 dari 5 halaman

La Liga Spanyol

Marcelino

Valencia menjadi klub Spanyol pertama yang memecat pelatih mereka. Marcelino kehilangan pekerjaannya pada September 2019 dan menggantinya dengan Albert Celades.

David Callego

Klub kedua yang melakukan pergantian pelatih adalah Espanyol. David Gallego kehilangan pekerjaannya dan mereka menunjuk Pablo Machin sebagai pengganti.

Mauricio Pellegrino

Mauricio Pellegrino memutuskan untuk meletakkan jabatannya sebagai pelatih Leganes. Posisinya diisi oleh Javier Aguirre.

Fran Escriba

Celta Vigo juga memutuskan untuk melakukan pergantian pelatih. Fran Escriba dipecat dan digantikan oleh Oscar Garcia.

5 dari 5 halaman

Serie A Italia

Eusebio Di Francesco

Pelatih pertama di Serie A yang kehilangan pekerjaannya pada musim ini adalah Eusebio Di Francesco. Ia dianggap gagal di Sampdoria dan manajemen klub tersebut memutuskan untuk menunjuk Claudio Ranieri sebagai pengganti.

Marco Giampaolo

AC Milan juga memutuskan untuk berpisah dengan Marco Giampaolo. Hal itu dikarenakan Giampaolo dianggap gagal mengangkat performa Rossoneri. Manajemen memutuskan untuk menunjuk Stefano Pioli sebagai penggantinya.

Aurelio Andreazzoli

Genoa juga tak puas dengan kepemimpinan Aurelio Andreazzoli. Mereka menunjuk Thiago Motta yang rela meninggalkan PSG untuk menjadi pelatih di Genoa.

Igor Tudor

Igor Tudor kehilangan pekerjaannya di Udinese. Untuk sementara waktu, Udinese menunjuk Luca Gotti sebagai pelatih interim.

Eugenio Corini

Brescia memutuskan untuk mengganti Eugenio Corini. Ia digantikan oleh Fabio Grosso.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Aditya Wicaksono/Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 30/11/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Napoli Lolos ke 16 Besar Liga Champions, Ancelotti Malah Dipecat
Artikel Selanjutnya
Inter Milan Dianggap Sulit Pertahankan Lautaro Martinez