Sukses

Dampak di Balik Penundaan El Clasico Barcelona Vs Real Madrid

Liputan6.com, Barcelona- Duel klasik La Liga yang dikenal sebagai El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid seharusnya digelar 26 Oktober. Ini diplot menjadi El Clasico pertama di La Liga 2019-2020.

Duel Barcelona vs Real Madrid rencananya digelar di stadion Camp Nou. Namun suasana di wilayah Katalunya memanas akibat penahanan aktifis kemerdekaan Katalunya oleh pemerintah Spanyol.

Inilah yang membuat duel El Clasico terpaksa dijadwal ulang. Penyelenggara La Liga (LFP) beserta Federasi Sepak Bola Spanyol masih menggodok tanggal pasti untuk El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid.

Ada dua tanggal yang diapungkan yaitu 7 dan 18 Desember. Namun tanggal ini juga belum pasti karena banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki. LFP dan RFEF kabarnya akan mengambil keputusan pada Senin, 21 Oktober mendatang.

Kemungkinan dijadwal ulangnya duel klasik ini membuat Pelatih Barcelona Ernesto Valverde berkomentar. Dia masih memegang keyakinan laga El Clasico bakal tetap digelar di Camp Nou dan sesuai jadwal yaitu 26 Oktober.

"Ini sudah dijawalkan pada 26 Oktober dan saya tak pernah ragu laga itu bakal terus berjalan tanpa masalah. Ini dengan pertimbangan menghormati lawan dan semua orang yang terlibat," ujarnya seperti dikutip Marca.

"Saya tak tahu apa yang akan diambil oleh penyelenggara La Liga (LFP). Kami akan lakukan apapun yang diputuskan."

Valverde punya alasan mengapa laga El Clasico bisa berjalan sesuai rencana. Dia belajar dari kejadian dua tahun lalu.

"Masih ada sembilan hari lagi menuju pertandingan. Sekarang ini banyak sekali omongan tak jelas," katanya.

"Dulu juga sempat dimunculkan wacana itu saat referendum Katalunya dilaksanakan pda 1 Oktober. Sepekan kemudian, kami main di Wanda Metropolitano (markas Atletico), dimana orang mengira bakal drmatis tapi pada akhirnya jadi duel menarik."

 

2 dari 3 halaman

Dampak Panjang

Valverde menilai masih ada ruang untuk negoisasi soal pertandingan. Soalnya waktu tersisa masih cukup lama.

"Ada ruang untuk bermanuver. Kalau pertandingan digelar besok, itu mungkin tak bisa dilakukan. Tapi masih ada 9 hari lagi," ujarnya.

Faktanya masih belum ada yang jelas soal jadwal ulang El Clasico. LFP dan RFEF masih belum sepakat dengan jadwal anyar yang disodorkan.

Apapun yang terjadi, penundaan laga El Clasico pada 26 Oktober nanti bakal memberi dampak bagi Barcelona dan Real Madrid. Terdekat, mereka terhindar dari jadwal padat pekan depan.

Soalnya setelah duel La Liga pekan ini, kedua klub juga harus melakukan persiapan untuk menuju Liga Champions. Real Madrid bakal menghadapi Galatasaray, sedangkan Barcelona menantang Slavia Paraha.

Duel tersebut penting untuk menggamit poin di klasemen grup Liga Champions. Maka itu, kedua tim dipastikan akan menampilkan full team untuk menghadapi lawan-lawan mereka.

Kalau terjadi sesuatu di laga tersebut seperti pemain cedera, Barcelona dan Real Madrid bisa bernapas lega. Namun itu hanya dampak jangka pendek.

Di Desember nanti, Barcelona dan Real Madrid sebaliknya bakal merasakan efek ditundanya laga ini. Barcelona misalnya akan main lawan Inter Milan di Milan pada tanggal 10 Desember. Lima hari kemudian, 15 Desember, Barcelona bakal melawan Real Sociedad. Nah tiga hari kemudian, Barcelona akan menghadapi Real Madrid di El Clasico kalau memang jadwal dirancang ulang 18 Desember.

3 dari 3 halaman

Format Piala Super Spanyol

Yang lebih pelik, Barcelona dan Real Madrid akan jalani format baru Piala Super Spanyol di 2020. Piala Super Spanyol akan digelar Januari 2020 dan diikuti 4 klub. Selain Madrid dan Barcelona, Valencia dan Atletico Madrid juga jadi kontestan Piala Super Spanyol.

Yang membuat sulit, duel ini akan digelar di Arab Saudi. Menggunakan format final four, laga semifinal digelar pada 8 dan 9 Januari. Sedangkan final digelar pada 12 Januari 2020.

Ini bakal membuat jadwal Real Madrid dan Barcelona lebih padat. Kalau tidak ada pemain yang cedera, tentu jadwal ini tidak akan menjadi masalah. Bagaimana kalau pemain rentan cedera?

Baik Zinedine Zidane, pelatih Madrid dan rivalnya Ernesto Valverde pelatih Barcelona harus punya rencana jangka pendek dan panjang untuk menghadapi dampak diubahnya jadwal El Clasico. Senin nanti akan diketahui kapan tanggal pasti penundaan El Clasico.

Loading
Artikel Selanjutnya
Artis Seksi Spanyol Ini Bisa Jadi Senjata Real Madrid Gaet Mbappe
Artikel Selanjutnya
Eks Striker Barcelona Pensiun di Jepang