Sukses

Asal-usul Panggilan Pembunuh Berwajah Bayi untuk Pelatih Caretaker MU

Meski berwajah imut, pelatih caretaker MU ini punya julukan yang mengerikan.

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer menjadi pelatih caretaker Manchester United (MU) hingga akhir musim. Dia menggantikan peran Jose Mourinho yang dipecat.

Solskjaer bukanlah nama baru dalam sejarah MU. Dia merupakan striker MU pada 1996 hingga 2007. Tercatat, dia mencetak 126 gol dari 366 penampilan bersama Setan Merah di semua kompetisi.

Sejak memperkuat Setan Merah, Solskjaer mendapat julukan Baby-Faced Assassin (pembunuh berwajah bayi). Pelatih berusia 45 tahun tersebut menceritakan asal-usul nama panggilannya.

"Ketika saya datang ke Liga Inggris, saya masih berusia 20 atau 21 tahun. Saya masih terlihat muda, tapi saya pikir bisa menjadi iblis dalam klub," kata Solskjaer, dikutip dari Four Four Two.

"Saya mendapat julukan itu karena saya sering menghajar pergelangan kaki lawan dengan tekel. Ya, saya menghajar pergelangan kaki lawan," ujar Manajer MU berkebangsaan Norwegia itu melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Terganggu

Solskjaer mengatakan, dirinya tidak terganggu dengan julukan tersebut. Malah panggilan itu memotivasinya karena dia sempat tidak berkembang di masa remaja.

"Julukan itu bukan masalah buat saya. Saya senang mendapatkannya," ucap Solskjaer menegaskan.

"Namun, ketika muda, saat masih berusia 15 tahun, dan tinggi saya hanya 140 cm, saya tidak boleh melakukan tekel oleh pemain yang lebih tua. Saya rasa, saya merupakan pemain yang terlambat berkembang. Saya baru berkembang di 20 tahun bersama MU," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Solskjaer dalam Angka

Selama 12 tahun bertugas di Old Trafford sebagai pemain, Solskjaer membuat 235 penampilan di di Liga Inggris untuk skuat Sir Alex Ferguson. Meski sering dijuluki "supersub", striker asal Norwegia ini membuat jumlah penampilan yang sangat tinggi sebagai starter yakni 151 laga, dengan total penampilan 13.927 menit.

Solskjaer dengan cepat menjadi pemain yang dapat diandalkan untuk United ketika membutuhkan gol. Dia mencetak 91 gol di Liga Inggris dan memberikan 37 assist.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris