Sukses

Kegagalan Ole Gunnar Solskjaer di Liga Inggris Hantui MU

Ole Gunnar Solskjaer ditunjuk MU menggantikan Jose Mourinho.

Liputan6.com, Manchester - Pada Selasa (18/12/2018), Manchester United (MU) memecat Jose Mourinho. Sehari setelahnya, Setan Merah, sebutan MU, menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih carataker.

Solskjaer bukanlah nama baru dalam skuat MU. Pemain asal Norwegia itu pernah memperkuat Setan Merah pada 1996-2007. Dia menjadi bagian penting saat MU meraih treable winner di musim 1998/99.

Namun penunjukkan Solskjaer sebagai carataker diragukan mantan bek MU pada 1997-2000 sekaligus rekan Solskjaer, Henning Berg. Keraguan itu muncul karena Solskjaer pernah gagal di Liga Inggris.

Ya, Solskjaer pernah melatih tim Inggris, Cardiff City pada 20014. Kala itu, pelatih berusia 45 tahun tersebut membawa Cardiff City ke jurang degradasi.

"Saya melihat Cardiff sebagai pengalaman baginya, di mana ia telah mendapat ujian di liga ini, tapi dengan tim yang berjuang di zona degradasi dan bukan dengan tim yang berjuang di sisi lain klasemen," ujar Berg kepada Sky Sports.

"Namun, MU dan Cardiff City merupakan tim yang berbeda. Ketika Anda punya skuat yang hanya menang sekali dari empat laga, dibandingkan dengan skuat yang diharuskan menang tiga kali dari empat laga, mentalnya jelas berbeda. Saya tak berpikir itu akan memiliki banyak benturan pada tugasnya di MU."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Modal Solskjaer

Namun, Berg mengatakan, Solskjaer punya modal berharga bersama Setan Merah. Solskjaer membawa tim yang pernah dilatihnya, Molde menjuarai dua gelar Liga Norwegia.

"Saya pikir tugasnya di Molde (menjadi juara dua kali) lebih dekat dengan apa yang akan dilakukannya sebagai manajer MU. Dalam hal bagaimana caranya bekerja dengan pemain, bagaimana ia memainkan sepakbola menyerang, cara menangani skuat yang terkadang membutuhkan rotasi, juga caranya menemukan taktik berbeda," kata Berg yang kini melatih klub Norwegia, Stabaek.

"Ketika ia di Molde, tentu saja tim-tim bermain lebih bertahan saat melawannya, melawan timnya yang lebih bagus. Ia harus segera bisa mencari pemecahannya. Ia telah sukses di Norwegia, dalam dua kesempatan, dan saya pikir ia punya pengalaman cukup untuk melakukan tugas di United hingga akhir musim."

 

3 dari 3 halaman

Karier Solskjaer

Berikut karier Solskjaer sebagai manajer

Molde, 21 Okotober 2015 hingga 19 Desember 2018

Main: 118

Menang: 66

Imbang: 19

Kalah: 33

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris