Sukses

Dianggap Terlalu Pelan, Marquez Batal Pole Position MotoGP Malaysia

Drama terjadi selepas sesi kualifikasi MotoGP Malaysia, Sabtu (3/11/2018).

Liputan6.com, Sepang - Drama terjadi selepas sesi kualifikasi MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (3/11/2018). Panel pengawas balapan membatalkan posisi Marc Marquez sebagai pemegang pole position.

Otoritas mengumumkan keputusan melihat kinerja Marquez dalam kualifikasi. Marquez pun diberi penalti dan harus memulai balapan dari posisi ketujuh.

"@marcmarquez93 telah diberikan penalti turun enam grid dan akan memulai balapan besok dari posisi ketujuh," demikian tulis akun resmi MotoGP.

Dalam keterangannya, panel pengawas balapan menilai laju Marquez terlalu pelan. Alhasil, laju Marquez dianggap mengganggu pembalap lain yang juga sedang menjalani sesi kualifikasi.

"Marquez dinilai membalap dengan cara yang tidak bertanggungjawab karena terlalu pelan dan mengganggu pembalap lain," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, Marquez tampil sebagai yang tercepat dalam sesi kualifikasi dengan catatan waktu 2 menit 12,161 detik. Pembalap asal Spanyol itu sempat terjatuh di tikungan empat karena kondisi trek yang licin.

Sesi kualifikasi sendiri memang berlangsung di bawah guyuran hujan. Bukan hanya Marquez, sejumlah pembalap seperti Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales juga jadi korban licinnya aspal Sepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pole Milik Zarco

Keputusan panel tersebut membuat pole position jatuh ke tangan Johann Zarco. Pembalap Monster Tech Yamaha itu finis di urutan kedua di bawah Marquez sebelum keputusan panel dikeluarkan.

Di bawah Zarco, ada Valentino Rossi yang mengemas catatan waktu 2 menit 13,009 detik. Sementara itu, Dovizioso harus start dari posisi kelima.

3 dari 3 halaman

Pembatalan Pole Marquez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.