Sukses

Jose Mourinho Makin Akrab dengan Sanksi FA

Bila ditotal, Jose Mourinho sudah mendapat denda sebesar 295 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 5,8 miliar dari FA.

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho, manajer Manchester United (MU), dinyatakan bersalah oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA), karena mengucapkan kalimat tidak terpuji usai pertandingan melawan Newcastle United.

Kalimat tidak pantas itu diucapkan Jose Mourinho di depan kamera televisi. Aksinya pun diselidiki pihak FA dan membuktikan manajer asal Portugal itu bersalah.

Mourinho diberi waktu hingga hari Jumat (19/10) mendatang untuk merespons dakwaan itu. Jika nanti ia dinyatakan bersalah maka dia bisa jadi akan dijatuhi sanksi larangan mendampingi timnya.

Tentunya, ini bukan hal baru bagi Mourinho. Mantan pelatih Real Madrid itu sudah sangat akrab dengan sanksi FA. Bila ditotal, dia sudah mendapat denda sebesar 295 ribu pound sterling atau setara dengan Rp 5,8 miliar dari FA.

Tercatat, setiap melatih di Inggris, Jose Mourinho memang sudah sering menerima sanksi dari FA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Kedatangan

Jose Mourinho pertama kali datang ke Inggris pada 2004, dia melatih Chelsea. Setahun melatih di Inggris, dia sudah mendapat denda dari FA sebesar 5 ribu paund sterling karena menuduh Manchester United melakukan kecurangan di leg pertama semifinal Piala Liga.

Dua bulan setelahnya, Mourinho didenda sebesar 8.900 paund sterling. Sanksi tersebut datang dari UEFA, yang sekaligus menyerahkan larangan hadir di dua pertandingan setelah kekalahan 1-2 Chelsea atas Barcelona. Sanksi itu diberlakukan kala dia mengklaim melihat pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard, berbicara kepada wasit Anders Frisk dan menuduhnya melakukan kecurangan.

Kemudian, pada bulan Agustus 2005, pelatih kondang tersebut kembali mendapat denda sebesar 200 ribu paund sterling untuk persoalan transfer kontroversial. Ketika itu, dia menggaet Ashley Cole dari Arsenal ke Chelsea.

 

3 dari 4 halaman

Era Kedua di London

Setelah dipecat Real Madrid, Mourinho kembali menakhodai Chelsea pada Juni 2013. Ini menjadi era kedua pelatih berusia 55 tahun itu melatih klub yang berdomisili di London.

Empat bulan setelah kembali menakhodai Chelsea, Mourinho mendapat denda hingga 8 ribu paund sterling setelah diusir wasit Anthony Taylor. November 2013, dia juga didenda dengan besaran yang sama setelah dikirim ke tribun penonton oleh wasit Chris Foy di kandang Aston Villa.

Tak sampai disitu, pada bulan Desember 2014, Mourinho mengeluhkan keputusan wasit dan sedikit berkomentar secara ofensif setelah pelanggaran Cesc Fabregas tidak berujung penalti saat Chelsea melawan Southampton. Ia pun lalu didenda atas tuduhan perilaku yang tidak pantas dengan denda sebesar 25.000 paund sterling.

 

 

4 dari 4 halaman

Denda Bersama MU

Ketika melatih MU, Mourinho juga masih akrab dengan denda. Bila ditotal, dia sudah mendapat sanksi sebesar 50 ribu paund sterling selama menakhodai Setan Merah.

Denda tersebut diberlakukan karena ia berkomentar tentang wasit Anthony Taylor jelang hasil imbang tanpa gol antara Manchester United di Liverpool. Selain denda, Mou juga diberi larangan hadir di touchline selama satu pertandingan.

Tak sampai disitu, Mourinho kembali didenda sebesar 8.000 paund sterling menyusul insiden tidak mengenakan dengan Mark Clattenburg selama pertandingan United melawan Burnley yang berakhir dengan hasil imbang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • FA