Sukses

Michael Essien Mengaku Menikmati Karier di Persib

Liputan6.com, Jakarta - Karier Michael Essien di Persib Bandung memang hanya semusim. Tapi, gelandang asal Ghana tersebut mengaku menikmati perjalanan sepak bolanya di Kota Kembang.

Jelang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak bergulir, Persib membuat keputusan mengejutkan. Manajemen mencoret Essien demi memberikan jalan untuk penyerang asal Argentina, Jonathan Bauman.

Pasalnya, Persib tidak lagi memiliki slot lebih untuk pemain asing. Tim berjuluk Pangeran Biru itu telah memiliki Bojan Malisic, Oh In Kyun, Ezechiel N’Douassel, dan Bauman yang menggantikan Essien.

Keputusan Persib mendepaknya tidak lantas membuat Essien gusar. Dalam wawancara dengan Premier League Today seperti dinukil dari Ghana Soccernet, eks pemain AC Milan ini justru banyak mengenang kisahnya berseragam Pangeran Biru.

"Saya menikmati musim pertama saya di sana (Persib). Itu (Indonesia), bukan tempat yang mudah," ujar Essien.

2 dari 3 halaman

Pengakuan Essien

Essien mengaku bermain di Tanah Air lebih sulit dibanding saat merumput di Eropa. Perbedaan yang mencolok ada dalam perjalanan saat bertanding ke kandang lawan mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas.

"Semuanya sangat berbeda, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Eropa. Dan kami melakukan perjalanan yang sangat jauh untuk bertanding. Jadi itu tidak mudah, tetapi mereka sangat fanatik tentang sepak bola," tutur Essien.

"Hampir setiap pertandingan stadion hampir penuh, mereka membuat begitu banyak kebisingan jadi saya menikmati tahun pertama saya di sana," katanya.

3 dari 3 halaman

Masih Belum Jelas

Essien masih memiliki sisa semusim kontrak bersama Persib. Tapi, Pangeran Biru tidak kunjung membuat keputusan terkait masa depannya.

Beberapa rumor terkait nasib Essien muncul ke permukaan. Mantan pemain Chelsea ini disebut-sebut akan pindah ke Major League Soccer (MLS) atau Liga Korea Selatan.

Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Persib Ditahan PS Tira, Febri: Kami Sudah Optimal
Artikel Selanjutnya
Klasemen Liga 1 2018: Madura United ke Puncak