Sukses

10 Pemain City Rebut Posisi Southampton

10 pemain City berhasil tumbangkan dominasi tuan rumah Southampton.

Liputan6.com, Southampton - Manchester City sukses menghancurkan Southampton 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (30/11/2014). Keran gol City mengucur usai mereka hanya bermain dengan 10 pemain di babak kedua.

Permainan cepat langsung diperagakan The Citizens. Berulang kali Sergio Aguero berhasil menerobos pertahanan Soton namun belum membuahkan hasil.

Akibatnya, Aguero pun frustrasi. Ia malah melakukan diving di depan kotak penalti. Tapi wasit dengan tegas memberinya kartu kuning terkait aksinya.

Dalam 15 menit pertama, tim Manchester Biru menguasai lini tengah. Beragam percobaan dilakukan skuat asuhan Manuel Pellegrini ini.

Gelandang City, Yaya Toure, dengan cerdik mengirimkan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-16. Namun bola masih mampu diamankan penjaga gawang Southampton, Fraser Forster.

Lima menit berselang, kemelut terjadi di depan gawang The Citizens. Umpan silang Morgan Schneiderlin mampu disambut Graziano Pelle yang sudah berada di kotak penalti. Akan tetapi Joe Hart masih mampu menepisnya.

Bola hasil tepisan Joe Hart rupanya belum meninggalkan lapangan. Hal ini dimanfaatkan Steven Davis yang sudah berdiri di depan Joe Hart, namun bola masih dapat diamankan Joe Hart.

Peluang emas City hadir di menit ke-30. Stevan Jovetic yang sudah berdiri bebas di sisi kiri penyerangan The Citizens dengan cerdik melesatkan bola melewati celah kedua kaki kiper Soton. Namun bola yang hendak melewati garis gawang tiba-tiba dihalau Toby Alderweireld yang sudah berada di garis gawang.

Hingga turun minum, skor imbang 0-0 tetap bertahan bagi keduanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak kedua

Memasuki babak kedua, peluang cepat didapat Southampton melalui Toby Alderweireld. Namun sepakan jarak jauhnya masih melebar di sisi gawang Joe Hart.

Menit ke-47, kelengahan sisi kiri pertahanan City mampu dimanfaatkan Dusan Tadic. Ia mampu mengecoh bek City untuk kemudian berkelok ke tengah dan melepaskan tembakan. Namun sepakannya masih menyamping.

Manchester City berhasil unggul 1-0 atas Southampton menit ke-51. Yaya Toure dengan cerdik memanfaatkan ruang di luar kotak penalti Soton.

Berawal dari tusukan di sisi kanan pertahanan Soton, Sergio Aguero mampu membuat seluruh pemain bertahan Soton berkumpul dalam kotak penalti. Kemudian Aguero memberikan operan pada Toure yang sudah berdiri bebas di luar kotak penalti.

Pemain asal Pantai Gading itu dengan cepat langsung menyambar bola dengan kaki kanannya. Bola yang sempat memantul tubuh pemain Soton membuat arahnya tak terduga, alhasil bola meluncur ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan The Citizens.

Memasuki menit ke-74 petaka menimpa The Citizens. Eliaquim Mangala harus meninggalkan lapangan usai menerima kartu kuning kedua usai melanggar Shane Long di depan kotak penalti.

Namun dengan 10 pemain, tim Manchester Biru malah makin beringas. Tampil sebagai pemain pengganti, Frank Lampard sukses menambah keunggulan Manchester City atas Southampton.

Lampard dengan cerdik memanfaatkan operan James Milner dari sisi kanan pertahanan Soton. Lampard yang berdiri bebas di depan kotak penalti Southampton langsung mengarahkan bola ke sudut kanan gawang Soton. Skor 2-0 untuk keunggulan The Citizens di menit 80.

Tidak berhenti di situ, The Saints seperti kewalahan menghadapi 10 pemain City. Delapan menit berselang lagi-lagi gawang Soton harus kebobolan.

Pemain belakang, Gael Clichy dengan cerdik memanfaatkan operan pendek di dalam kotak penalti untuk mengubah skor menjadi 3-0. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil ini, The Citizens untuk sementara mampu beranjak ke posisi dua klasemen Liga Inggris sementara dengan raihan 27 poin, sementara The Saints turun ke peringkat tiga.

Susunan Pemain:

Southampton: Forster, Clyne, Fonte (c), Alderweireld, Bertrand, Wanyama, Schneiderlin (Yoshida), S. Davis (Mayuka), Tadić, Mané (Long), Pellè.

Manchester City: Hart, Zabaleta, Kompany (C), Mangala, Clichy, Fernandinho, Toure, Navas (Demichelis), Jovetic (Milner), Nasri (Lampard), Aguero

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini