Sukses

Costa Jadi Inspirasi Wanita Melatih Tim Bola Pria

Sebelum Costa, wanita lain yang pernah melatih tim pria Eropa adalah Carolina Morace.

Liputan6.com, Clermont-Ferrand: Mantan pelatih timnas Inggris wanita Hope Powell percaya kalau penunjukan Helena Costa sebagai pelatih tim pria dapat menginspirasi klub lain untuk merekrut pelatih wanita lainnya.

Costa menjadi wanita kedua yang menjabat sebagai pelatih dalam tim pria di Eropa ketika dipercaya menukangi klub Ligue 2 Prancis, Clermont Foot pada awal musim depan.

"Saya yakin itu akan terjadi lagi di masa depan. Kita harus mengakui kenyataan kalau dia (Costa) telah diberi kesempatan berdasarkan kualitas dan keahlian," kata Powell seperti dilansir BBC Sport.

"Mari kita berharap dia mendapat kesempatan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Tetapi jika dia tidak bertahan, jangan melihat jenis kelaminnya sebagai alasan untuk tidak melakukan dengan baik," sambungnya.

Sebelum Costa, wanita lain yang pernah melatih tim pria Eropa adalah Carolina Morace asal Italia dengan menukangi tim Serie C1, Viterbese dalam dua laga pada tahun 1999.

Costa, 36 tahun, mengatakan kepada New York Times, "Saya harap ini hanya langkah pertama saya membuka pintu untuk lebih banyak perempuan melakukan hal yang serupa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini