Sukses

Incar Minyak, Medco Energi Rambah Papua Nugini

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melalui anak perusahaannya, Medco Asia Pacific Limited  telah menuntaskan Perjanjian Jual Beli Saham dengan Moonbi Enterprises Limited yang memiliki blok minyak dan gas di Papua Nugini. Perseroan merogoh kocek sekitar US$ 155 juta untuk eksplorasi tersebut.

Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk, Lukman Mafoedz mengatakan, perjanjian tersebut untuk mendapatkan hak kepemilikan 90% saham pada Moonbi Energi Limited, anak perusahaan dari Penjual.

Dengan transaksi ini, MedcoEnergi memiliki ijin eksplorasi yang dinyatakan dalam Petroleum Prospecting License No. 470  untuk melakukan eksplorasi minyak dan gas selama enam tahun di wilayah Juha Extension, yang terletak di Western Province, Papua Nugini.

PPL 470 terdiri dari empat blok onshore dengan luas wilayah kerja keseluruhan sebesar 324 km2. Wilayah ini berada di Papuan Fold Belt (Papuan Basin) yang memiliki potensi minyak dan gas, terletak berdekatan dengan lapangan gas Juha yang dioperasikan oleh perusahaan multinasional sejak tahun 2000.

“Langkah akuisisi di Papua Nugini ini sesuai dengan strategi Perseroan untuk berfokus pada kegiatan eksplorasi yang berkualitas tinggi serta memperluas operasi E&P di area internasional. PPL 470 ini menawarkan sistem fiskal Migas yang menarik, dengan sistem royalti (bukan kontrak PSC), bagian kontraktor bisa mencapai hampir 70%," kata Lukman dalam laporan tertulisnya, di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Lukman optimistis, kontribusi PPL 470 akan memberikan nilai tambah bagi Perseroan dan juga mendukung pertumbuhan usaha Medco Energi ke depannya.

Menurut Lukman, sejak tahun lalu Perseroan telah melaksanakan program eksplorasi yang cukup agresif. Pada 2013, Medco menghabiskan belanja modal eksplorasi lebih dari US$ 90 juta.  Sementara itu, perseroan akan menambah komitmen belanja modal hingga US$ 155 juta pada 2014.

"Dan sekarang kami memperluas wilayah eksplorasi hingga ke Papua Nugini,” tutur Lukman.

Kemampuan operasi yang telah dilakukan Medco pada daerah-daerah sulit dalam 10 tahun terakhir, baik di dalam negeri maupun internasional, termasuk juga kegiatan operasi pengeboran di daerah pelosok (remote) akan bisa dijadikan pengalaman yang berharga dalam pelaksanaan program eksplorasi di daerah baru ini. (Pew/Ahm)

Baca juga:

Medco Kembalikan Blok Sembakung ke Pertamina EP

Medco Siapkan US$ 500 Juta untuk Belanja Modal

Medco Energi Kebut Selesaikan Proyek Donggi Senoro dan Libya



* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS