Sukses

Kartu Prabayar BCA Bisa Dipakai Bayar Tiket Kereta Commuter

Penumpang kereta api komuter makin dimanjakan dengan segala kemudahannya. PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) kali ini memberikan kemudahan transaksi pembelian tiket dengan cukup menggunakan kartu prabayar multifungsi dari perbankan.

Menggandeng PT Bank Central Asia Tbk, kini para nasabah bank swasta terbesar di Tanah Air ini bisa menggunakan kartu flazz untuk bertransaksi membayar tiker kerata komuter. Kemudahan ini mulai diterapkan pada 8 Desember 2013.

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo mengatakan bahwa pada prinsipnya seluruh ketentuan yang akan diberlakukan pada kartu Flazz tidak berbeda dengan Kartu Multi Trip (KMT) dimana untuk dapat melakukan perjalanan KRL, pengguna jasa harus memiliki saldo minimal Rp 7 ribu.

Untuk dapat menggunakan Kartu Flazz sebagai tiket Commuter Line, pengguna jasa harus melakukan aktivasi terlebih dahulu pada perangkat balance reader yang tersedia di stasiun. Selanjutnya kartu Flazz BCA dapat langsung digunakan untuk melakukan tap in pada seluruh gate yang tersedia di stasiun KRL Jabodetabek. Aktivasi ini hanya perlu dilakukan 1 kali pada saat kartu Flazz BCA akan digunakan untuk perjalanan KRL pertama kali.

"Selanjutnya besaran pinalti Rp 7 ribu dan suplisi Rp 50 ribu juga akan diberlakukan pada penggunaan jasa yang memakai kartu Flazz BCA jika ada pelanggaran yang dilakukan saat menggunakan jasa KRL," ujarnya saat konferensi pers di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2013).

Perbedaan signifikan antara KMT dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo dimana untuk melakukan isi ulang pengguna kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan transaksi isi ulang di loket stasiun Jabodetabek. Isi ulang saldo pada Flazz BCA dapat langsung dilakukan pada ATM non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang.

Tri mengatakan, sejak e-ticketing dan tarif progresif diterapkan secara menyeluruh pada 1 Juli 2013. Pengguna jasa KRL dapat menggunakan pilihan tiket harian berjaminan (THB) untuk 1 kali perjalanan atau KMT untuk tiket berlangganan. Hingga saat ini, 55% penggunan jasa telah menggunakan KMT

Penerapan e-ticketing dan tarif progresif sendiri membawa penambahan jumlah penumpang secara signifikan. Setiap harinya terdapat sekitar 600 ribu transaksi pada perjalanan KRL di Jabodetabek.

"Diharapkan dengan hadirnya Flazz BCA, transaksi pada perjalanan KRL menjadi semakin mudah, cepat, praktis, nyaman dan memperkecil resiko yang mungkin terjadi pada penggunaan uang tunai," tandasnya.(Dny/Shd)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS