Sukses

Indofood Jual 10 Miliar Bungkus Mie Instan Selama 9 Bulan

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) sukses menjual produk mie instan sebanyak 10 miliar bungkus dalam kurun waktu sembilan bulan ini.  Kontribusi ini mengerek kinerja keuangan perseroan selama periode Januari-September 2013 dengan raihan penjualan bersih naik 15,6% sebesar Rp 18,88 triliun.

"Dalam waktu sembilan bulan ini, kami sudah menjual 10 miliar bungkus mie instan," kata Direktur Indofood CBP Sukses Makmur, Weranty Setiawan di Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Dia mengatakan, industri mie instan diharapkan bertumbuh 5%-6% pada tahun ini mengingat penetrasi sudah cukup tinggi melalui.

"Industri mie instan memang tumbuh tapi tidak kami harapkan dobel digit karena selama ini rata-rata pertumbuhan sekitar 3%-5% per tahun. Penetrasi kami juga cukup tinggi melalui peluncuran produk mie instan beberapa tahun lalu," katanya

Indofood membukukan penjualan neto konsolidasi naik 15,6% menjadi Rp 18,88 triliun dari sebelumnya Rp 16,33 triliun. Capaian ini ditopang oleh kenaikan volume penjualan pada seluruh divisi utama dan kenaikan harga jual rata-rata.

Weranty mengakui, produk mie instan menyumbang sekitar 68% terhadap penjualan bersih. Sisanya 19% dikontribusi dari divisi dairy, makanan ringan sebesar 7%, penyedap makanan sebesar 4% dan 2% dari produk nutrisi serta makanan khusus.

"Penjualan tersebut ikut meningkatkan laba bersih menjadi Rp 1,85 triliun naik 12% sepanjang sembilan bulan dari periode sebelumnya Rp 1,66 triliun. Tapi marjin laba bersih turun menjadi 9,8% dari 10,1% karena ada beban penjualan dan administrasi umum," terang dia. (Fik/Ndw)