Sukses

Kebanyakan Wanita Jadi Miliarder Gara-gara Warisan

Perusahaan pembanding kekayaan miliarder yang berbasis di Singapura, Wealth-X merilis sejumlah fakta menarik tentang kehidupan miliarder.

Perusahaan pembanding kekayaan miliarder yang berbasis di Singapura, Wealth-X merilis sejumlah fakta menarik tentang kehidupan orang-orang super kaya dunia. 

Salah satu yang menarik datang dari data perbedaan sumber kekayaan miliarder wanita dan pria. Kebanyakan konglomerat wanita berhasil meraup kekayaan dari warisan peninggalan orangtua.

Dalam laporan resmi yang bertajuk `Wealth-X and UBS Billionaire Census 2013`, seperti dikutip Jumat (8/11/2013), sebanyak 71% dari total miliarder wanita yang mengantongi harta kekayaan berasal dari warisan orangtua. Artinya, dari 369 miliarder wanita, 262 diantaranya hanya meneruskan bisnis keluarga.

Persentase tersebut jauh berbeda dengan para miliarder pria yang kebanyakan memperoleh kekayaan dari usaha mereka sendiri. Buktinya, hanya 15% dari 1.801 miliarder pria yang berhasil jadi konglomerat karena warisan keluarga.

Memang, tak semua wanita konglomerat di dunia hanya mengandalkan harta keluarga. Sebanyak 63 orang atau 17% dari seluruh miliarder perempuan, berhasil mendirikan bisnisnya sendiri tanpa campur tangan keluarga. Meski begitu, jumlah miliarder pria yang membangun bisnis sendiri tetap jauh lebih banyak.

Dari total 2.170 miliarder dunia, sebanyak 91% pria tercatat sukses mendirikan usahanya sendiri. Sementara itu hanya 9% wanita yang mencapai kesuksesan karena berdiri atas nama perusahaannya sendiri.

Sumber kekayaan para miliarder pun datang dari gabungan perusahaan sendiri dan harta peninggalan keluarga. Sekitar 44 wanita menyandarkan status miliardernya pada dua sumber tersebut.(Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini