Sukses

Indonesia Sudah Berutang Rp 295 Triliun

Kemenkeu mengungkap telah memperoleh dana hasil penebitan SUN hingga Rp 295,5 triliun.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan penjualan surat utang negara (SUN) tahun ini telah mencapai 90,4% dari target atau mencapai Rp 295,5 triliun.

"Pada tahun ini target menerbitkan Rp 295,5 triliun surat berharga negara atau 90,4% dari terget 2013, jadi tersisa Rp 31,4 triliun," ujar Direktur Surat Utang Negara (SUN) Kementerian Keuangan Lotto Srinaila Ginting usai konferensi pers hasil penjualan ORI 010 ANZ di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2013).

Dari penerbitan surat utang tersebut, sumbangan Obligasi Negara Republik Indonesia (ORI) mencapai Rp 20,2 triliun atau sekitar 6% terhadap total surat utang milik pemerintah. Hari ini, pemerintah mencatat telah menerima hasil lelang SUN senilai Rp 12 triliun yang berarti mengurangi sisa target pemerintah yang mencapai Rp 31,4 triliun.

"Dengan ini, mudah-mudahan menandakan market semakin membaik sejalan dengan perbaikan isu global, perbaikan likuiditas dolar terhadap kita, sampai akhir tahun sentimen menjadi lebih baik," jelasnya.

Untuk memenuhi sisa kebutuhan pembiayaan dari penerbitan SUN, Kemenkeu rencananya akan kembali melelang SUN dengan instrumen valuta asing. Kali ini, lelang SUN Valas khusus ditujuan untuk investor domestik dengan target pelaksanaan program pada November 2013.(Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.