Sukses

8 Cara Bijak Pakai Uang

Dompet kosong padahal tanggal gajian masih lama bisa membuat wajah Anda pucat pasi. Anda lalu akan sibuk mencari pinjaman ke sana kemari guna menutupi kebobolan keuangan yang dialami. Bagi sebagian orang, hal ini biasanya terjadi menjelang akhir bulan.

Namun seperti dilansir dari magforwomen.com, Rabu (8/7/2013), Anda tak perlu mengalami hal tersebut jika Anda menggunakan uang dengan bijak. Meski sulit untuk melakukannya,  tak bukan berarti hal tersebut tak mungkin dilakukan.

Ada banyak cara sederhana yang bisa Anda gunakan agar bisa mengelola keuangan dengan bijak. Berikut delapan cara mudah kelola penggunaan uang pribadi:

1. Membuat anggaran harian

Tulislah pendapatan dan pengeluaran sehari-hari agar Anda mudah menemukan jika ada yang salah dalam pengelolaan keuangan Anda. Termasuk saat Anda pergi ke supermarket, tanpa anggaran sebelumnya, Anda bisa kalap belanja dan menghabiskan banyak uang.

Anggaran tersebut akan memperketat pengeluaran anda di kemudian hari. Untuk hasil yang lebih baik, buatlah anggaran tersebut setiap hari.

2. Jangan belanja berlebihan

Banyak orang yang cenderung membeli apapun yang diinginkan tapi belum tentu dibutuhkannya. Memang tak mudah untuk menahan keiginan berbelanja, tapi sebelum memulainya pastikan Anda memang membutuhkannya.

Jangan membeli barang hanya karena tampilannya yang menarik. Jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda membayar atau menggesek kartu kredit Anda.

3. Manfaatkan pesta diskon dan penawaran khusus

Berbelanjalah saat pesta diskon atau saat sejumlah tempat belanja memberikan penawaran khusus bagi para konsumennya. Anda bisa membeli beberapa barang dan menyimpannya dibanding membelinya nanti dengan harga yang lebih tinggi.

Namun untuk melakukannya Anda juga dituntut untuk menunggu. Jangan lupa, orang-orang yang sabar bisa memperoleh lebih banyak.

4. Bandingkan harga, merek dan kualitas sebelum belanja

Seringkali produk yang ingin Anda beli tak hanya tersedia di satu toko. Tempat pertama yang Anda kunjungi belum tentu menawarkan harga yang cocok dengan kantong anda.

Tahan diri Anda untuk langsung membeli, dan berkelilingkah ke beberapa toko lain. Anda bisa membandingkan merek, harga dan kualitas barang sebelum Anda membelinya. Anda tak perlu menghabiskan waktu, uang dan tenaga, cukup lewat internet saja.

5. Patuhi anggaran belanja Anda

Para wanita memang jago membuat anggaran belanja, tapi belum tentu bisa menjalankannya. Maka saat Anda belanja, upayakan Anda hanya pergi ke tempat di mana barang yang Anda perlukan tersedia. Jangan pergi kemanapun di luar daftar tempat yang menyediakan belanjaan yang diperlukan.

6. Kurangi belanja makanan dan minuman

Berbagai toko menawarkan makanan dan minuman yang menarik. Namun memasak sendiri di rumah tentu akan membuat pengeluaran lebih minim. Contoh kecil lainnya seperti membuat kopi. Anda bisa membuat kopi sesuai selera dengan harga yang lebih murah dibanding pergi ke kafe.

7. Daur ulang

Kadang-kadang, banyak barang yang tak perlu Anda beli baru, tapi cukup dengan mendaur ulangnya saja. Misalnya Anda bisa membuat aksesoris dari kancing-kancing baju yang tak terpakai, atau Anda juga bisa memodifikasi baju lama Anda jadi lebih modern. Dengan begitu, Anda bisa menabung lebih banyak uang.

8. Sediakan dana tak terduga

Pastikan anda menyisihkan sebagian gaji Anda untuk biaya tak terduga seperti sakit misalnya. Jika suatu saat gaji bulanan Anda tak cukup karena terlalu banyak pengeluaran, Anda juga bisa menggunakan kumpulan uang tersebut.

Menyimpan uang dengan bijak merupakan seni pengelolaan keuangan. Meski sulit untuk menekan pengeluaran, tapi belum tentu hal ini tak mungkin dilakukan. Jadi bersikaplah bijak dalam menggunakan uang demi kenyamanan Anda di masa depan. (Sis/Ndw)