Sukses

Harga Daging Ayam Mulai Turun Karena Pasokan Bertambah

Harga daging ayam mulai menunjukkan penurunan seiring pasokan yang bertambah.

Harga daging ayam yang masih bertengger tinggi untungnya tak berlaku untuk daging ayam. Pantauan Liputan6.com di Blok C PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Senin (5/8/2013), harga daging ayam mulai turun.

Harga daging ayam ukuran besar misalnya, yang semula dijual awal puasa sebesar Rp 45 ribu per ekor kini turun menjadi Rp 38 ribu per ekor. Meski begitu, khusus harga daging ayam ukuran kecil, justru naik dari Rp 25 ribu per ekor naik menjadi Rp 30 ribu per ekor.

Pemilik kios ayam Blok C PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Azis (41) mengatakan, tingginya harga daging ayam pada awal Ramadan karena pasokannya sedikit, sementara kebutuhan melonjak.

Namun pasokan daging ayam saat ini berangsur naik dan berhasil menurunkan harga ayam, terutama yang berukuran besar.

"Di saat harga daging ayam tinggi, pembeli cukup banyak. Karena peminatnya juga banyak. Untungnya, saat ini harga daging ayam yang besar sudah turun jadi Rp 38 ribu per ekor," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Perihal harga daging ayam ukuran kecil yang justru naik, dia mengaku itu terjadi karena pasokannya masih sedikit. "Sebab itu pembeli banyak mengincar daging ayam yang besar," kata Azis.

Penjual daging yang lain, Adnan (47) mengatakan, harga daging ayam memang mengalami penurunan, walaupun tidak terlalu signifikan. Tapi, cukup membuat hati penjual dan pembeli merasakan senang.

Meskipun begitu, dia mengungkapkan, peningkatan harga daging ayam akan kembali naik dalam waktu dekat ini. Namun, dia tidak bisa memastikan kapan kenaikan harga daging ayam tersebut.(Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini