Sukses

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 900 Kg ke IKN, Ini Penampakannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi sebesar 900 kilogram (kg) untuk dalam momen kurban Idul Adha. Sapi itu disalurkan ke Masjid Darussalam, Sepaku, dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi sebesar 900 kilogram (kg) untuk dalam momen kurban Idul Adha. Sapi itu disalurkan ke Masjid Darussalam, Sepaku, dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Masjid ini menjadi lokasi salat ied dan penyembelihan hewan kurban yang diikuti juga oleh Otorita IKN. Acara ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN untuk mendukung kegiatan keagamaan dan memperkuat hubungan dengan masyarakat setempat.

Pada Sabtu (10/6/2024) lalu, Otorita IKN menerima Bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa seekor sapi yang diserahkan oleh perwakilan dari Istana Kepresidenan yang selanjutnya diserahkan kepada pihak Masjid Darussalam, Desa Tengin Baru. Sapi yang diberikan berjenis Limosin dengan berat mencapai 900 kg.

"Hasil penyembelihan hewan kurban ini nantinya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Desa Tengin Baru, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang," ujar Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito, dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan dari Presiden Republik Indonesia untuk kegiatan keagamaan di Nusantara dan sebagai simbol kebersamaan dalam merayakan Iduladha.

Suwito turut bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Presiden dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara di IKN Nusantara.

"Kegiatan ini bukan hanya bentuk ibadah, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dalam upaya kita membangun Nusantara," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Kegiatan Sosial

Selain itu, Otorita IKN juga menekankan pentingnya kegiatan sosial dan keagamaan dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Nusantara.

"Insyaallah pada tahun-tahun berikutnya akan bertambah banyak sapi bantuan Presiden RI ke masyarakat di wilayah IKN," ujar Direktur Suwito.

Ketua Panitia Hari Besar Iduladha Masjid Besar Darussalam, Imron turut mengapresiasi langkah bantuan hewan kurban dari Presiden RI ke wilayahnya.

“Harapannya semoga selanjutnya bantuan yang diberikan semakin banyak sehingga lebih menyemarakkan peringatan Iduladha serta memotivasi warga untuk turut berkontribusi dalam berkurban,” ucap Imron.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan Otorita IKN dapat terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di Nusantara, serta membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

 

3 dari 4 halaman

Kesiapan IKN

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, progres pembangunan lapangan upacara untuk upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sudah mencapai 70 persen.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti menuturkan, kapasitas lapangan upacara untuk HUT Kemerdekaan RI ke-79 dapat menampung lebih dari 4.000 orang. Luasan lahan lapangan upacara di IKN berkisar 14.250 m2.

"Kalau upacara bisa di atas 4.000 an (peserta) lapangan upacara nya loh ya," kata Diana kepada awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

 

4 dari 4 halaman

Diatur Setneg

Meski begitu, dia enggan merinci lebih lanjut terkait jumlah peserta yang akan hadir mengikuti ucapan HUT kemerdekaan di IKN. Diana menyebut, jumlah peserta upacara berada di ranah Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

"Tapi semuanya terserah di setneg, kami sedang koordinasikan, saya belum tahu nanti berapa," ungkapnya.

Saat ini, progres pembangunan lapangan upacara untuk upacara kemerdekaan di IKN sudah mencapai 70 persen. Dia optimistis, lapangan di IKN siap siap digunakan untuk upacara kemerdekaan pada Agustus mendatang.

"Sudah tinggi ya, sudah 70 persen-an. Kemudian kita interior, mudah mudahan nanti di Juli InsyaAllah siap," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini