Sukses

Menhub Siap Pamerkan Transportasi Cerdas IKN di ITS Asia Pasific Forum 2024

Sektor transportasi di Indonesia ke depan akan menerapkan siatem yang berkelanjutan. Tentunya hal ini didukung oleh teknologi yang juga canggih.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan memamerkan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam forum berkelas internasional. Utamanya pada konsep transportasi di kota cerdas masa depan tersebut.

Forum yang dimaksud adalah 19th Intelligent Transport System Asia Pasific Forum 2024 yang akan dihelat pada 28 Mei 2024, pekan depan. Disini sejumlah pejabat transportasi dari negata Asia Pasific akan bertukar ide mengenai kemajuan transportasi.

Menhub Budi bilang, sektor transportasi di Indonesia ke depan akan menerapkan siatem yang berkelanjutan. Tentunya hal ini didukung oleh teknologi yang juga canggih.

"Bidang transportasi juga menjadi prioritas kebijakan pemerintah Indonesia untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutna yang didukung oleh teknologi erdas," ucap Menhub Budi dalam sambutannya di Konferensi Pers ITS APF 2024, di Jakarta Convention Center, Selasa (21/5/2024).

Menurutnya, salah satu konsep tersebut dituangkan dalam pembangunan IKN. Sejalan dengan pembangunan kota cerdas itu sebagai lokasi baru Ibu Kota negara.

"Salah satu langkah mewujudkan tersebut adalah dengan pembangunan IKN yang didesain dengan penerapan transportasi dan mobilitas cerdas serta ramah lingkungan," katanya.

Beberapa konsep transportasi cerdas berbasis teknologi canggih diantaranya pembangunan kereta otonom di kawasan inti IKN. Ditambah lagi, penerapan digitalisasi di berbagai aspek lainnya.

"IKN diharapkan menjadi pionir kota berbasis transportais cerdas, integrasi dan berkelanjutan memalui penerapan sistem area traffic control, Electronic Toll Collection, bus rapid transit, autonomous rail rapid transit," ungkap Menhub Budi Karya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun dari Awal

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, IKN akan menjadi contoh konsep pembangunan transportasi cerdas yang terintegrasi sejak awal. Diketahui, IKN dibangun dengan konsep serba canggih di berbagai aspeknya, mulai dari gedung hingga transportasi.

Adita mengatakan, dengan dimulai sejak awal tadi membuka peluang pembangunan sektor transportasi menjadi lebih menyeluruh dan tertata.

"Kami melihat bahwa IKN ini sebenarnya bisa punya potensi untuk memulai from scratch ya, from zero sehingga integrasinya juga akan lebih real dan bisa lebih terimplementasi dengan dengan baik gitu," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Tol dan Bandara Hampir Rampung

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan Ibu Kota NUsantara (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari ini Selasa (07/05/2024). Setelah berkeliling, Menko Luhut yakin pembangunan (IKN akan mencapai 80% pada Agustus 2024.

“Jadi kami dengan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) beserta tim terkait sudah meninjau, dengan mungkin masih ada beberapa pending-pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas. Namun tadi dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua, memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80% sudah bisa selesai sampai kepada bulan Agustus ini,” kata Menko Luhut dikutip dari keterangan tertulis.

Ia berharap bahwa upacara 17 Agustus mendatang benar-benar bisa dilaksanakan di IKN.

"Kita berharap 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini, dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Seperti airport itu akan bisa didarati, dan bisa mengakomodasi 3 pesawat sampai tanggal 17 Agustus nanti. Tapi untuk semua ya nanti selesai kira-kira setahun lagi selesai,” jelasnya.

4 dari 4 halaman

Tinjau Proyek Lain

Adapun lokasi yang ditinjau Menko Luhut antara lain Tol Akses IKN segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, PlazaSeremoni, serta Kantor Kementerian Koordinator.

Selain melakukan peninjauan, Menko Luhut juga melaksanakan rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengenai progres pembangunan IKN ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.