Sukses

Ada 2.800 Penerbangan Tambahan Layani Mudik Lebaran 2024

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyampaikan, dari 420 pesawat yang digunakan sebagai angkutan mudik, pihaknya menyiapkan 51 bandar udara sebagai titik pantau dari total 287 bandara di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat terdapat penambahan 2.800 penerbangan domestik pada arus Mudik Lebaran 2024. Penambahan penerbangan ini sudah diajukan oleh maskapai dalam beberapa hari ini. 

Menurut Budi Karya, penambahan jumlah penerbangan hingga ribuan ini bentuk keseriusan dari maskapai penerbangan yang ada di tanah air guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat periode mudik tahun ini.

 

"Ada 2.800 penerbangan. Pesawat yang terbang itu relatif sama 420. Tapi yang terbang lebih banyak, okupansi lebih bagus, lebih tinggi. Jadi ini juga keseriusan dari airlines untuk menyongsong mudik," ujarnya dikutip dari Antara, Jumat (5/4/2024).

 

Kemenhub juga turut memberikan dukungan berupa menambah jam operasional di bandara guna memaksimalkan rotasi pesawat.

"Dengan membuka bandara lebih malam, baik dikelola Angkasa Pura maupun perhubungan di tempat-tempat pesawat. Misal dari satu tempat ke Karimunjawa mestinya berhenti di sana karena petugas sampai jam 2, tapi kita bekerja lebih lama sehingga bisa tambah 1-2 rotasi sehingga jumlah yang akan diangkut lebih banyak," katanya.

51 Bandara Jadi Titik Pantau 

Di sisi lain Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati menyampaikan, dari 420 pesawat yang digunakan sebagai angkutan mudik, pihaknya menyiapkan 51 bandar udara sebagai titik pantau dari total 287 bandara di Indonesia.

Sedangkan proyeksi sebaran bandara tersibuk pada masa angkutan lebaran untuk tujuan domestik, Bandara Soekarno-Hatta memiliki pergerakan proyeksi sebanyak 1,9 juta pergerakan penumpang.

"Daerah tujuan tetap juga ternyata Soekarno-Hatta juaranya, disusul Bandara Juanda, Kualanamu, Sultan Hasanudin, dan di Yogyakarta," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah 2.000 penerbangan atau extra fligt pada maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, selama periode mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada operator bila sekarang sudah ada tambahan penerbangan (extra fligt) sebanyak 2.000 penerbangan. Kita tetap memberikan kepada operator untuk memberikan kesempatan menambah jumlah fligt," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Tangerang, Jumat (29/3).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Indonesia dan Citilink Siapkan 570 Penerbangan Tambahan di Mudik Lebaran 2024

Sebelumnya, Garuda Indonesia Group menyiapkan 570 penerbangan tambahan atau extra flight guna menyambut musim mudik Lebaran 2024. Armada tambahan ini diperuntukkan baik untuk Garuda Indonesia maupun Citilink.

"Kita sampai sekarang ada 170 (Garuda Indonesia) dan Citilink 400 tambahan. Jadi mustinya oke, dan semua administrasi sudah beres, mudah-mudahan tidak ada kendala," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Adapun extra flight tersebut dipersiapkan untuk sejumlah destinasi favorit, semisal Denpasar, Padang, Surabaya, Medan, hingga Singapura. Namun, Irfan tetap mewaspadai kendala cuaca tak stabil dalam angkutan pesawat di mudik Lebaran tahun ini.

"Cuman memang kita ada catatan khusus mengenai cuaca. Mudah-mudahan Padang enggak terlalu banyak terpengaruh karena Marapi suka batuk-batuk. Sementara sih mestinya terkendali," imbuhnya.

Irfan lantas memaparkan rencana dengan adanya penerbangan tambahan ini. Untuk sementara Garuda Indonesia Group akan lebih fokus penambahan frekuensi penerbangan di dalam negeri.

"Memang ada beberapa rute yang sedang diminta kita terbang, tapi sementara Citilink yang diterbangkan Kediri. Rencana Citilink tanggal 5 (April 2024) akan melakukan penerbangan perdana tanggal 5 hari Jumat," jelas Irfan.

3 dari 3 halaman

Pakai Pesawat Jumbo

Untuk rute penerbangan domestik, Garuda Indonesia akan perbanyak memakai tipe pesawat berbadan lebar (wide body). Perseroan tahun ini juga akan menambah perjalanan menuju Balikpapan guna menunjang pergerakan ke IKN di Kalimantan Timur.

"Jadi airbus itu akan kita perbanyak khususnya ke arah Balikpapan, Balikpapan makin ramai karena IKN. Balikpapan mungkin nanti akan tambah penerbangan melihat situasi penambahan pesawat," kata Irfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.