Sukses

Daftar Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Lebaran 2024: Tol Cipali hingga Pelabuhan Merak

Kemenhub telah memetakan beberapa titik krusial dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2024

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan beberapa titik krusial dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2024, utamanya untuk tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Pelabuhan Ketapang.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

"Kita mapping di tempat-tempat krusial dan mungkin kita tahu bahwa titik krusial itu di Cipali, lalu di Merak, lalu di Ketapang," kata Menhub Budi.

Menurutnya, pemetaan arus mudik lebaran di tiga titik krusial tersebut menjadi penting. Hal itu guna menangani kemacetan parah pada saat puncak mudik.

Tak hanya di darat, melainkan di laut juga ada titik krusial yakni berada di Batam, dan di Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan dan juga Madura.

Koordinasi

Lebih lanjut, guna mengatasi tiga titik krusial tersebut Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR hingga Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Khusus untuk Tol Cipali, Kemenhub dengan Korlantas Polri akan memberlakukan satu arah (one way), atau mengambil sebagian jalur dari arah sebaliknya (contraflow), dan ganjil genap akan dilakukan jika diperlukan.

"Kami bersama sudah menetapkan kapan melakukan contraflow, one way, ganjil genap. Kakorlantas sudah menetapkan akan diberlakukan ganjil genap, kalau one way dan contraflow akan dilihat di waktu-waktu bagaimana keadaannya," pungkas Budi Karya Sumadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menhub Buka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka posko terpadu angkutan lebaran tahun 2024 atau 1445 Hijriyah. Pembukaan posko ini sebagai upaya Kementerian perhubungan dalam melayani masyarakat yang hendak mudik.

"Hari ini adalah pembukaan posko angkutan lebaran terpadu 2024 atau 1445 H, saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang hadir yang berkolaborasi untuk hari ini dan beberapa hari ke depan," kata Menhub Budi dalam pembukaan angkutan lebaran Terpadu tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).Menhub mengatakan, pihaknya berusaha melayani yang terbaik sebagaimana yang diperintahkan Presiden, dan semua stakeholder mendukung amanah dari Presiden tersebut.

Oleh karena itu dalam momen lebaran kali ini mengusuh tagline "Mudik Ceria penuh Makna" yang diharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, dan berkesan.

Pergerakan 193,6 Juta Orang

Adapun kata Menhub, berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan arus mudik lebaran tahun ini menunjukkan peningkatan signifikan, dengan perkiraan jumlah mencapai hampir 193,6 juta jiwa.

Budi menyampaikan angka tersebut meningkat dibandingkan pergerakan masyarakat pada masa mudik Lebaran tahun 2023, yakni 123,8 juta orang.

"Tentu sudah mendnegar tentang srvei dimana 71 persen dari masyarakat akan melakukan perjalanan, ada yang mudik ada yang berpariwisata atau dnegan ekuivalen 193,6 juta (jiwa) Angka ini insyallah sahih dan kenaikan yang tinggi dari tahun lalu 123,8 juta (jiwa)," ujar Menhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.