Sukses

Menhub Buka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka posko terpadu angkutan lebaran tahun 2024 atau 1445 Hijriyah.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka posko terpadu angkutan lebaran tahun 2024 atau 1445 Hijriyah. Pembukaan posko ini sebagai upaya Kementerian perhubungan dalam melayani masyarakat yang hendak mudik.

"Hari ini adalah pembukaan posko angkutan lebaran terpadu 2024 atau 1445 H, saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang hadir yang berkolaborasi untuk hari ini dan beberapa hari ke depan," kata Menhub Budi dalam pembukaan angkutan lebaran Terpadu tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

Menhub mengatakan, pihaknya berusaha melayani yang terbaik sebagaimana yang diperintahkan Presiden, dan semua stakeholder mendukung amanah dari Presiden tersebut.

Oleh karena itu dalam momen lebaran kali ini mengusuh tagline "Mudik Ceria penuh Makna" yang diharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, dan berkesan.

Pergerakan 193,6 Juta Orang

Adapun kata Menhub, berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan arus mudik lebaran tahun ini menunjukkan peningkatan signifikan, dengan perkiraan jumlah mencapai hampir 193,6 juta jiwa.

Budi menyampaikan angka tersebut meningkat dibandingkan pergerakan masyarakat pada masa mudik Lebaran tahun 2023, yakni 123,8 juta orang.

"Tentu sudah mendnegar tentang srvei dimana 71 persen dari masyarakat akan melakukan perjalanan, ada yang mudik ada yang berpariwisata atau dnegan ekuivalen 193,6 juta (jiwa) Angka ini insyallah sahih dan kenaikan yang tinggi dari tahun lalu 123,8 juta (jiwa)," ujar Menhub.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Real Time

Untuk posko ini mulai dilaksanakan pada hari ini tanggal 3 sampai 18 April 2024. Dalam kesempatan ini, Menhub secara khusus meminta kepada seluruh stakeholder menampilkan performa real time dari masing-masing tempat seperti Jasa Marga, KAI, ASDP, dan pihak-pihak yang lain.

"Juga para dirjen menampilkan realtime untuk mengetahui kondisi di lapangan supaya bisa melakukan koordinasi yang baik," ujarnya.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil survei, minat masyarakat terhadap pemilihan penggunaan jalur untuk mudik lebaran terbanyak memilih tol Trans Jawa. Menurutnya, tol ke arah Jawa adalah tol yang paling padat

"Jalur utama dari mobilitas ini yang memilih tol trans Jawa adalah 31 persen, disusul tol Cipularang, tol Sumatera, tol lintas Pantura, merak dan masing-masing secara berurutan memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Dan saya memberikan catatan bahwa tol ke arah Jawa adalah tol yang paling padat dan kita sudah melakukan upaya-upaya bagaimana menghadapi itu semuanya," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Antisipasi Lonjakan Pemudik

Sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kemenhub telah menyiapkan antisipasi lonjakan mudik, terutama ke arah Timur yang begitu besar dan ke arah Barat yakni titik Merak menjadi suatu titik pantau maksimal.

"Bapak Presiden menganjurkan kita melakukan mudik lebih awal. Masing-masing sebelum H-4 dan H-3 dijalankan oleh saudara-saudara kita," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.