Sukses

Transaksi Keuangan Diprediksi Naik 25% selama Libur Lebaran, Pengelola ATM Link Siapkan Langkah Ini

Lonjakan transaksi keuangan diprediksi terjadi pada periode 4-16 April 2024. Masyarakat diperkirakan akan bertransaksi melalui berbagai macam platform, seperti ATM, Debit, serta QRIS dibandingkan rata-rata harian tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Untuk memenuhi kebutuhanrupiah di momen Ramadan dan Idul Fitri 2024, Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 197,6 triliun, meningkat dari Rp 188,8 triliun di tahun sebelumnya.

Peningkatan ini sejalan dengan pemulihan ekonomi pasca COVID-18 di Indonesia, dan jumlah pemudik yang diperkirakan meningkat hingga 193 juta orang secara nasional. 

Bagian dari Holding BUMN Danareksa, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai pengelola ATM Link menyampaikan bahwa pihaknya memastikan kesiapan layanannya dalam menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 2024. 

Jalin mencatat, sektor penjualan makanan serta minuman, transportasi dan retail diprediksi akan menjadi pendorong utama konsumsi masyarakat Indonesia selama Ramadan dan Idulfitri 2024.

“Jalin, sebagai penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan telah mempersiapkan seluruh seluruh layanan operasional yang andal baik transaksi yang menggunakan layanan digital maupun optimasi layanan ATM Link untuk menopang lonjakan transaksi member kami di sektor perbankan maupun fintech,” kata Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji dalam keterangannya di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Ario mengungkapkan, lonjakan transaksi keuangan  diprediksi terjadi pada periode 4-16 April 2024. Masyarakat diperkirakan akan bertransaksi melalui berbagai macam platform, seperti ATM, Debit, serta QRIS dibandingkan rata-rata harian tahun 2024. 

Tansaksi di seluruh kanal pembayaran pun diperkirakan naik hingga 25% dibandingkan musim Ramadan-Idul Fitri tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gangguan Transaksi

Jalin meyakini bahwa keunggulan operasional selama periode puncak Ramadan dan Idulfitri merupakan faktor kunci dalam memberikan layanan keuangan yang optimal. 

Dalam upaya memastikan minimnya gangguan transaksi selama libur lebaran, Jalin telah menyiapkan beberapa langkah, salah satunya Health Check System dan Posko Ramadan Idulfitri (RaFi) yang akan beroperasi selama 24/7. 

Posko RaFi ini akan beroperasi mulai 4 hingga 16 April mendatang, dan berlokasi di Command Center Jalin.

Perusahaan mengatakan, bahwa dukungan terhadap kelancaran dan kemudahan operasional perbankan dan fintech guna menunjang transaksi di masyarakat, merupakan kunci dalam menghadirkan layanan keuangan yang optimal di perayaan Idulfitri 1445H. 

“Kami tidak hanya berkomitmen untuk menyediakan layanan yang andal kepada member kami, tetapi juga terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan inovasi teknologi yang kami hadirkan,” tutur Ario.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini