Sukses

Cuaca Ekstrem Mongolia , Puluhan Ribu Orang Terancam Kelaparan

Mongolia alami musim dingin terberat dalam setengah abad terakhir, dengan cuaca ekstrem yang menewaskan lebih dari 4,7 juta hewan dan mengancam mata pencaharian dan persediaan makanan bagi ribuan orang.

Liputan6.com, Jakarta - Mongolia mengalami musim dingin terberat dalam setengah abad terakhir. Cuaca ekstrem ini menewaskan lebih dari 4,7 juta hewan dan mengancam mata pencaharian dan persediaan makanan bagi ribuan orang.

Keadaan yang ekstrem di Mongolia ini, yang dikenal sebagai kondisi dzud, ditandai dengan turunnya suhu hingga membuat salju tebal serta es yang menyelimuti wilayah penggembalaan. Dampaknya hewan ternak sulit untuk mengakses makanan.

Mongolia memiliki sekitar 300.000 penggembala nomaden tradisional yang mengandalkan sapi, kambing, dan kuda mereka untuk mendapatkan makanan dan dijual di pasar.

Direktur Regional IFRC untuk Asia Pasifik, Alexander Matheou menjelaskan Beberapa dari mereka sekarang tidak lagi mampu memberi makan diri mereka sendiri.

 

"Bagi mereka yang sangat bergantung pada ternak mereka untuk bertahan hidup, mereka menjadi miskin hanya dalam beberapa bulan,"  Ucapnya, melansir CNN ditulis Seni (25/03/2024).

 

IFRC melaporkan bahwa sejak bulan November, setidaknya 2.250 keluarga penggembala telah kehilangan lebih dari 70% ternak mereka. Menurut laporan tersebut, lebih dari 7.000 keluarga tidak memiliki makanan yang cukup. 

Dzud telah mempengaruhi tiga perempat wilayah negara itu, dan kondisinya diperkirakan akan semakin memburuk seiring dengan berlangsungnya musim dingin."Sekarang sudah musim semi, tetapi musim dingin masih berlangsung di Mongolia, salju masih menutupi tanah, dan ternak masih mati," kata Matheou.

bulan ini, pemerintah Mongolia mengumumkan keadaan siaga tinggi yang akan tetap berlaku hingga 15 Mei, dan pada hari Selasa, IFRC mengeluarkan permohonan dana untuk meringankan penderitaan mereka yang kehilangan mata pencaharian.

"Bahkan dengan tingkat kesiapsiagaan yang tinggi, yang telah dilakukan di Mongolia tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, hal ini tidak cukup untuk mengatasi kondisi yang ekstrem," tambah Matheou. "Kami telah melakukan banyak persiapan dan skalanya masih mengejutkan kami.

"Dzud telah memberikan dampak ekonomi yang sangat buruk bagi para penggembala dan mengganggu perjalanan, perdagangan, serta akses ke layanan kesehatan dan pendidikan bagi banyak orang Mongolia, terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan, karena salju yang tebal menghalangi akses jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

'Dzud' dan Perubahan Lingkungan

Keluarga penggembala sering berpindah-pindah tempat seiring dengan perubahan musim, melintasi padang rumput yang luas di negara ini untuk mencari padang rumput baru untuk memberi makan domba-domba mereka.

Mereka memanfaatkan bulan-bulan musim panas untuk mengumpulkan makanan ternak, rumput, dan tanaman untuk memberi makan hewan-hewan mereka selama musim dingin.

Meskipun orang Mongolia terbiasa dengan musim dingin yang keras, dzud-atau "bencana"-terjadi ketika kekeringan di musim panas diikuti dengan hujan salju lebat dan suhu dingin yang ekstrem.

Suhu dapat mencapai -30 derajat Celcius (-22 derajat Fahrenheit) atau lebih rendah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hujan salju tahun ini merupakan yang paling lebat dalam 49 tahun terakhir, meliputi 90% wilayah negara ini pada puncaknya di bulan Januari.

Musim panas tahun lalu dimulai dengan baik, dengan curah hujan yang banyak. Namun, penurunan suhu yang tajam dan hujan salju di awal bulan November mengawali kenaikan suhu yang dramatis, menyebabkan salju mencair, menurut PBB. Hal ini diikuti oleh cuaca dingin yang berkepanjangan, dengan suhu turun di bawah -40C di beberapa lokasi.

Hal ini menyebabkan padang rumput menjadi buruk, sehingga hewan-hewan tidak dapat menggembalakan diri sebelum musim dingin, dan para penggembala tidak dapat menghasilkan cukup jerami untuk menjaga ternak mereka.

 

3 dari 4 halaman

Padang Rumput Beku

Mongolia saat ini sedang mengalami dzud "putih" dan "besi" ganda, yang mengindikasikan bahwa salju yang sangat tebal menghalangi hewan-hewan untuk mencapai rumput, serta embun beku yang membekukan padang rumput.

Dzud semakin sering terjadi di Mongolia, membuat padang rumput dan penggembala hanya memiliki sedikit waktu untuk pulih di antara episode cuaca ekstrem.

"Dzud ini terjadi dalam siklus dan menjadi semakin umum. Ini adalah yang keenam dalam sepuluh tahun terakhir, dan sejauh ini merupakan yang terburuk. Namun hal ini terus terjadi. Dulu mereka jarang terjadi, tapi sekarang sering terjadi," menurut Matheou dari Federasi Palang Merah Internasional.

Mongolia merupakan salah satu negara yang paling terdampak oleh bencana iklim, dengan suhu udara rata-rata meningkat 2,1 derajat Celcius selama 70 tahun terakhir, menurut Program Pembangunan PBB (UNDP).

Perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah mengganggu empat musim yang berbeda di negara ini, yang mengakibatkan kekeringan musim panas yang lebih sering terjadi dan musim dingin yang lebih keras, menurut badan-badan PBB.

 

4 dari 4 halaman

Dampak lebih Besar Dibanding 2010

Menurut IFRC, dampak bencana tahun ini akan lebih besar daripada bencana dzud di Mongolia, yang menewaskan 10,3 juta domba pada tahun 2010.

"Kami menjadi saksi dari berbagai perjuangan yang dihadapi oleh banyak rumah tangga penggembala, mulai dari kehilangan ternak mereka yang berharga hingga beban kesulitan keuangan, sumber daya yang terbatas, dan tekanan yang sangat besar terhadap kesehatan mental dan fisik masyarakat," kata Olga Dzhumaeva, kepala Delegasi IFRC Asia Timur, dalam sebuah pernyataan.

"Namun, kami melihat harapan yang tak tergoyahkan dan kegigihan dari begitu banyak keluarga saat mereka melawan kemurkaan musim dingin dengan ketabahan yang luar biasa. Kematian ternak yang terus berlanjut di musim dingin ini, persediaan yang menyusut, dan kondisi yang memburuk bagi ratusan ribu orang di Mongolia menjadi pengingat yang keras akan kebutuhan mendesak akan bantuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.