Sukses

Unit Bisnis MMS Group Bakal Pasok 1,5 juta MT Batu Bara ke Perusahaan China

Pada tahun 2022, Unit Bisnis MMS Group berhasil menembus pasar Tiongkok dan menjadi salah salah satu dari tiga besar eksportir batu bara

Liputan6.com, Jakarta PT Multi Harapan Utama (MHU), unit bisnis MMS Group Indonesia (MMSGI), telah menyepakati kerja sama jual beli batu bara dengan Shaanxi Shaanmei Supply Chain Management Co., Ltd. (SHAANMEI).

MHU, sebagai salah satu perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kalimantan Timur, akan memasok 1,5 juta metrik ton batubara kepada SHAANMEI, yang merupakan salah satu importir batubara terbesar di Tiongkok.

“Pasar Tiongkok merupakan salah satu pasar batubara terbesar di dunia, dan kerja sama ini membuka peluang besar bagi MHU untuk meningkatkan volume ekspor dan memperkuat posisi kami di pasar global, ini sejalan dengan visi MHU untuk menjadi produsen batubara yang progresif dan terkemuka di Indonesia,” ujar Saly Putra, Marketing Division Head MHU.

Momen penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua pihak ini terlaksana di Shangri-La Hotel, Jakarta. MHU diwakili Saly Putra dan Li Ce dari SHAANMEI.

Kerjasama dikatakan menandai titik terang dalam jalinan perdagangan energi Indonesia-Tiongkok. MoU ini menandakan komitmen kedua belah pihak untuk menjalin kerja sama jual beli batubara sepanjang tahun 2024.

Lebih lanjut, Saly Putra menjelaskan bahwa MHU telah mencapai target penjualan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

“Pada tahun 2022, MHU berhasil menembus pasar Tiongkok dan menjadi salah salah satu dari tiga besar eksportir batu bara melalui kerjasama Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) dan China Coal Transportation and Distribution Association (CCTDA) yang difasilitasi oleh pemerintah. Penandatanganan MoU ini merupakan bukti nyata kepercayaan dan kredibilitas MHU di pasar internasional, khususnya di Tiongkok," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bilateral Kedua Negara

Li Ce, President Director SHAANMEI, menyambut baik pada sinergi ini. “Kami meyakini MHU dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan, dan yakin bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak,” jelas dia.

Dikatakan, kemitraan ini tidak hanya menandakan langkah inovasi MHU dalam arena global, namun juga memperkuat ikatan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, dengan proyeksi kontribusi signifikan pada ekonomi kedua negara.

MHU telah menetapkan visi positifnya untuk memperbanyak volume ekspor ke Tiongkok, yang mencerminkan komitmen mereka pada penciptaan lapangan kerja untuk mendorong peningkatan serta pertumbuhan bisnis berkelanjutan yang harmonis dengan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh perwakilan dari MMSGI, MHU, dan SHAANMEI. Acara ini menandai babak baru dalam kerja sama kedua perusahaan dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri batubara di Indonesia dan Tiongkok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.