Sukses

Lewat National Lighthouse Industri 4.0, Kemenperin Ingin Manufaktur Terapkan Teknologi Canggih

National Lighthouse Industri 4.0, industri diharapkan secara aktif melakukan sharing knowledge dan menjadi tempat training bagi perusahaan lain.

Liputan6.com, Jakarta Sejalan dengan langkah mempercepat transformasi industri 4.0 pada sektor manufaktur di Indonesia, sejak tahun 2019 Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program National Lighthouse Industri 4.0.

Perusahaan manufaktur yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0 merupakan pilihan karena dinilai bisa menjadi percontohan (role model) bagi perusahaan manufaktur lainnya dalam menjalankan transformasi dan implementasi industri 4.0.

“Sejak tahun 2019 hingga 2022, terdapat 14 perusahaan yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0,” ungkap Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Andi Rizaldi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Sebagai yang ditetapkan National Lighthouse Industri 4.0, perusahaan tersebut diharapkan secara aktif melakukan sharing knowledge dan menjadi tempat training bagi perusahaan lain.  

“Perusahaan ini mampu bertindak sebagai mercusuar atau lighthouse untuk memandu industri lain dalam mempercepat implementasi teknologi industri 4.0 di perusahaan serta mengatasi tantangan dalam meningkatkan sistem produksi yang ada,” imbuh Andi.

Oleh sebab itu, semakin banyak perusahaan manufaktur yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0, perusahaan lain akan semakin terpacu untuk belajar secara best practice dalam mengadaptasi perkembangan teknologi terkini. Dengan demikian, perusahaan yang belajar tersebut, dapat mulai mengadopsi teknologi industri 4.0 untuk mendongkrak daya saing dan kelangsungan bisnis perusahaan.

Seleksi National Lighthouse Industri 4.0 dilakukan sejak pertengahan tahun 2023 hingga bulan Januari 2024, yang terdiri dari beberapa tahapan seperti evaluasi, penilaian, dan penetapan. Tahapan tersebut melibatkan berbagai perwakilan dari pemerintah, perguruan tinggi atau akademisi, asosiasi, technology provider, dan perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya sebagai Lighthouse Industri 4.0.

Salah satu perusahaan yang ditetapkan sebagai National Lighthouse Industri 4.0 yaitu Petrokimia Gresik. Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik, Robby Setiabudi mengatakan ini menjadi bukti jika program transformasi industri 4.0 yang dijalankan perusahaan semakin baik dibandingkan sebelumnya yang baru memperoleh Champion INDI 4.0. 

"Petrokimia Gresik mendapatkan penghargaan National Lighthouse Industri 4.0 karena dinilai Kemenperin, dalam hal ini melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri mampu menjadi role model bagi industri lain dalam journey transformasi dan implementasi industri 4.0 yang memberikan manfaat pada aspek finansial, operasional dan teknologi," ujar Robby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transformasi Industri 4.0

Ia menambahkan, untuk mendukung keberhasilan transformasi industri 4.0, perusahaan memiliki wadah bagi karyawan yang ingin mengusulkan terobosan atau inovasi melalui Rumah Transformasi. Setiap karyawan yang memiliki ide transformasi industri 4.0 atau inovasi apapun dapat dioptimalkan maupun direalisasikan melalui Rumah Transformasi.

Adapun pelaksanaan dari transformasi industri 4.0, lanjut Robby memberikan dampak positif terhadap finansial maupun operasional. Dari sisi pendapatan perusahaan terdapat peningkatan menjadi Rp 26,6 triliun di tahun 2020; Rp 28,9 triliun di tahun 2021 dan Rp 39,4 triliun di tahun 2022.

"Tren yang sama juga diikuti oleh capaian laba bersih perusahaan, total kuantum produksi pupuk maupun nonpupuk. Selain itu produktivitas karyawan juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," tandas Robby.

Sementara itu, program yang dijalankan Petrokimia Gresik dalam transformasi industri 4.0 diantaranya aplikasi Projection Excelence (PIXEL). Aplikasi ini dapat memproyeksikan harga pokok produksi dan total cost perusahaan secara simultan serta dapat melakukan formulasi perhitungan secara efektif dan efisien.

Berikutnya, Internal Supply Chain Excellence yang merupakan program digital supply chain transformation dengan menciptakan beberapa aplikasi terintegrasi seperti Petroport, WMS, 2CE dan DTMS mulai dari proses unloading bahan baku dari kapal di pelabuhan, pengiriman ke gudang dan pabrik, hingga menjadi produk siap jual.

"Beberapa aplikasi yang telah diimplementasikan juga diadopsi oleh perusahaan lain di Pupuk Indonesia Group, karena melihat dari manfaatnya yang dapat dirasakan jika diterapkan di perusahaan lain. Selain itu, Petrokimia Gresik juga mendapat beberapa kali kesempatan untuk dijadikan benchmark terhadap perusahaan lain, karena telah mendapat berbagai awarding di tingkat nasional, maupun internasional," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Industri 4.0

National Lighthouse Industri 4.0 merupakan salah satu kegiatan Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin untuk mendorong perusahaan bertransformasi menjadi industri 4.0. para peraihnya adalah perusahaan yang mampu menjadi percontohan bagi industri lainnya dalam transformasi dan implementasi industri 4.0, sehingga bertindak sebagai mercusuar untuk memandu industri lain dalam implementasi teknologi 4.0.

Selain Petrokimia Gresik, Pupuk Indonesia juga mendapatkan penghargaan National Lighthouse Industri 4.0 yang diterima langsung oleh Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi. Penghargaan yang sama juga didapatkan Pupuk Sriwidjaja Palembang, anak perusahaan lain Pupuk Indonesia. Harapannya, transformasi industri 4.0 bisa ditingkatkan hingga menjadi Global Lighthouse Network Industri 4.0 yang merupakan tingkatan tertinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini