Sukses

Mengintip Bisnis Keberlanjutan di Industri Alat Berat

Di era perkembangan bisnis yang begitu pesat di Indonesia, tidak dipungkiri tindakan operasional perusahaan berdampak pada lingkungan, kehidupan sosial dan perkembangan ekonomi bagi masa depan kehidupan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Di era perkembangan bisnis yang begitu pesat di Indonesia, tidak dipungkiri tindakan operasional perusahaan berdampak pada lingkungan, kehidupan sosial dan perkembangan ekonomi bagi masa depan kehidupan masyarakat.

Hal ini pun disadari oleh PT Hexindo Adiperkasa Tbk yang terus berupaya merumuskan dan mengimplementasikan strategi bisnis yang sejalan dengan prinsip bisnis keberlanjutan (sustainability).

Sebagai salah satu penyedia alat berat seperti excavator, wheel loader, dump truck dan lainnya dengan brand unggulan Hitachi, Bell, Foton, Camino, Dynapac, Morooka dan Waratah, Hexindo berupaya untuk mengedepankan prinsip bertanggung jawab dan memperhatikan kepentingan para pemangku kepentingan.

Tersebar di lebih dari 50 kantor cabang dan proyek di seluruh Indonesia, Hexindo telah berkembang pesat dengan CAGR (Compund Annual Growth Rate) atau Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan aset, penghasilan neto dan laba bersih sekitar 8% per tahun dalam kurun 5 tahun terakhir.

Pertumbuhan tersebut didukung oleh implementasi inisiatif keberlanjutan perusahaan untuk berkontribusi sebanyak mungkin bagi lingkungan, masyarakat dan ekonomi demi masa depan yang lebih baik.

“Hexindo berkomitmen untuk berkontribusi pada keberlangsungan masa depan melalui strategi keberlanjutan dengan menyelaraskan target finansial serta operasional. Hexindo berupaya terus memperluas kontribusi keberlanjutan bagi para pemangku kepentingan, termasuk komunitas dan lingkungan sekitar dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang perusahaan miliki,” kata Business Development Director PT Hexindo Adiperkasa Tbk Nobuyasu Hagiwara dikutip Jumat (29/12/2023).

Sebagai perusahaan publik, Hexindo senantiasa mengedepankan budaya dan perilaku berkelanjutan dalam setiap proses bisnis yang berjalan dengan memperhatikan penguatan aspek ekonomi serta kontribusi terhadap aspek sosial.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Masyarakat

Salah satu strateginya adalah fokus pada melayani kebutuhan masyarakat dengan solusi bisnis inovatif yang berorientasi kepada kebutuhan pelanggan melalui bisnis rantai pasok yang berkelanjutan, termasuk fasilitas remanufacturing, serta layanan rental maupun used equipment.

“Aspek keberlanjutan menjadi hal penting bagi rencana bisnis strategis Hexindo. Perusahaan terus berupaya mengoptimalisasi sumber daya yang ada sekaligus tetap mempertahankan kualitas produk dan layanan sera mengatur segala proses di operasional dengan efektif. Tentu saja dengan tetap mempertimbangkan performa keuangan perusahaan,” kata Direktur Keuangan Hexindo Bapak Yoshendri.

Sebagai perusahaan alat berat, inovasi berkelanjutan pun menjadi hal utama bagi Hexindo. Sejumlah teknologi dan inovasi disematkan pada produk dan layanan Hexindo agar pelanggan mampu meningkatkan profitabilitas bisnis, efisiensi bahan bakar dan durabilitas unit yang tinggi.

Di unit alat berat excavator Hitachi, misalnya. Mengusung 3 prinsip dasar di seri unit Zaxis-5G untuk energi berkelanjutan yaitu konsumsi bahan bakar yang rendah, kualitas terbaik dan durabilitas unit yang tinggi.

Unit alat berat Hitachi memiliki teknologi terbaru Sistem Hidraulik HIOS III yang mampu menghilangkan energi yang terbuang (efisiensi bahan bakar) dengan memanfaatkan tekanan oil yang kembali pada sirkuit hidrolik sehingga mampu menurunkan beban pada pompa dan mesin unit. Teknologi ini mampu menghemat konsumsi bakar dan mengurangi biaya operasional unit.

 

3 dari 3 halaman

Produktivitas Tinggi

Tak hanya itu, unit Hitachi didukung ECO Mode yang memungkinkan produktivitas tinggi dengan bahan bakar lebih rendah dibandingkan PWR mode.

Digitalisasi pun diimplementasikan pada unit Hitachi melalui sistem pelaporan ConSite yang memungkinkan pelanggan memonitor operasional unit (konsumsi bahan bakar, pemantauan emisi Co2, kondisi engine oil dan hydraulic oil) serta mendapatkan laporan rutin berupa analisis operasional unit untuk membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas alat berat.

Komitmen terhadap isu keberlanjutan juga hadir di alat berat Bell yang mendukung industri tambang di Indonesia. Dengan didukung teknologi mesin terbaru dari Eropa, articulated dump truck dari Bell mampu menjadi salah satu seri unit dengan konsumsi bahan bakar terendah di global. Tak hanya itu, unit alat berat Bell didukung system telematic ‘Fleetmatic’ (smart fleet management) yang mampu memonitor operasional unit, memberikan laporan menyeluruh serta menghadirkan pilihan-pilihan untuk peningkatan efektivitas dan produktivitas operasional unit.

“Hexindo berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia sebagai upaya mendukung prinsip keberlanjutan demi masa depan yang lebih baik. Untuk itu, berbagai inovasi dan layanan terbaik akan terus kami upayakan,” kata Bapak Hagiwara lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini