Sukses

Selamat! Antam Raih Penghargaan Kinerja PPM ESDM dan Boyong 5 Penghargaan ISDA 2023

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada badan usaha pertambangan khususnya Komoditas Mineral yang telah melaksanakan Program PPM dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Liputan6.com, Jakarta PT Antam Tbk dinilai memiliki kinerja yang baik sebagai badan usaha pertambangan. Hal mendasar itulah yang membuat Antam  memperoleh empat penghargaan Pelaksanaan Program PPM Badan Usaha Pertambangan Mineral Tahun 2023 dari Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, melalui Direktorat Pembinaan Pengusahaan Mineral di Hotel Bidakara Jakarta, pada Jumat (8/12). 

Penghargaan diberikan melalui Penghargaan Kinerja PPM 2023 dan Penghargaan Subroto ke-6 Tahun 2023 Kategori PPM Terinovatif. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada badan usaha pertambangan khususnya Komoditas Mineral yang telah melaksanakan Program PPM dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Adapun empat penghargaan kinerja PPM Mineral dan Batubara tahun 2023 / TAMASYA 2023 (Tambang Untuk Kesejahteraan Masyarakat) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Kolaka, UBP Nikel Maluku Utara, UBP Emas, dan Anak Perusahaan PT Gag Nikel yaitu kinerja PPM Mineral kategori Implementasi. Dalam penghargaan itu, Antam dinilai memiliki kinerja yang baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring evaluasi program PPM. 

Dengan demikian penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa Antam sebagai badan usaha pertambangan mineral yang telah secara baik berkontribusi terhadap masyarakat lingkar tambang dan memastikan keberlanjutan kehidupan masyarakat sampai kegiatan pertambangan berakhir. Aspek penilaian untuk Penghargaan Kinerja PPM juga akan dilihat kelengkapan dokumen baik itu ketersediaan dokumen Rencana Induk PPM, Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB), ketertiban penyampaian laporan triwulan, implementasi di lapangan, serta dampak kepada masyarakat lingkar tambang itu sendiri. 

Berkaitan dengan penghargaan tersebut, Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menyampaikan, penghargaan kinerja PPM Mineral kategori Implementasi dari KESDM ini akan mendorong kontribusi Antam terhadap Masyarakat lingkar tambang menuju Masyarakat yang sejahtera. 

Sebelumnya, pada 4 Desember 2023 juga digelar penganugrahan Indonesia SDGs Award (ISDA) 2023 di Hotel Westin, Jakarta Selatan. ISDA merupakan bagian dari upaya untuk memberi penghargaan kepada perusahaan yang telah berkontribusi terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan Corporate Social and Responsibility (CSR). 

Acara penghargaan yang digelar Corporate Forum for CSR Development (CFCD) ini melibatkan 101 perusahaan dan 14 orang untuk kategori perorangan. Antam memboyong 5 penghargaan ISDA 2023 yaitu UBP Bauksit Kalimantan Barat untuk kategori Platinum dan Gold, Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia memperoleh Indonesian CSR Award (ICA) kategori Gold dan penghargaan ISDA kategori Gold. Sementara UBP Emas memperoleh kategori Perorangan Terbaik 2 Local Hero.

Pada Indonesian Sustainable Development Goals Awards (ISDA) 2023, UBP Bauksit Kalimantan Barat memperoleh penghargaan Kategori Platinum berkat AgroEduWisata Mamalam Sebagai Usaha Berkelanjutan Masyarakat Lokasi Sekitar Tambang, Gold Untuk Program Inspirasi Pemberdayaan Ekonomi Melalui Kegiatan Budidaya Madu Kelulut Bersama BUM Desa Sebagai Alternatif Peternakan Madu Hutan Konvensional, UBPP Logam Mulia mendapat penghargaan kategori Gold untuk program Hydroponic Goes To School dan Indonesian CSR Award (ICA) kategori Gold untuk program Pengolahan Sampah Menjadi Maggot, serta UBP Emas Pongkor kategori Perorangan Terbaik 2 Local Hero Kolaborasi Untuk Berkelanjutan.

Adapun penghargaan tersebut diterima atas kontribusi Antam dalam pemberdayaan masyarakat, peningkatan peluang usaha dan kerja bagi masyarakat. Lokasi program di UBP Bauksit Kalimantan Barat berada di Dusun Piasak, Desa Pedalaman, Kecamatan Tayan Hilir dan Desa Teraju, di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, 2 program UBPP Logam Mulia di Pulogadung Jakarta Timur, dan UBP Emas di Kecamatan Nanggung Bogor.

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie menyampaikan, program AgroEduWisata Mamalam, budidaya madu kelulut, program hydroponic, dan pengolahan sampah menjadi maggot merupakan upaya untuk meningkatkan potensi lokal dan pengembangan BUMDes dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkar tambang, serta Local Hero Perorangan sebagai bentuk sinergi perusahaan. 

Antam senantiasa mendorong masyarakat lingkar tambang untuk menemukan peluang- peluang usaha dengan memanfaatkan potensi lokal yang bersinergi dengan perusahaan untuk mengembangkan UMK. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Antam, masyarakat dapat merasakan kehadiran Antam dalam pembangunan wilayah lingkar tambang.

Selain itu, Faisal menyebut Antam sebagai bagian dari BUMN Holding Industri Pertambangan juga senantiasa berkomitmen untuk terus berupaya mendukung pemerintah dalam pengembangan usaha mikro kecil yang ada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini