Sukses

Marthinus Hukom Resmi Dilantik Jadi Kepala BNN, Kekayaannya Sentuh Rp 16,8 Miliar

Kepala BNN Marthinus Hukom memiliki kekayaan Rp 16,8 miliar. Menariknya, ia tidak memiliki utang dan hanya punya satu mobil. Berikut rincian kekayaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Irjen Marthinus Hukom resmi dilantik menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di Istana Negara Jakarta pada Jumat, (8/12/2023). Marthinus Hukom menggantikan posisi Komjen Petrus Golose yang pensiun pada 1 Desember 2023.

Marthinus Hukom dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 182/TPA tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional. Demikian mengutip dari Kanal News Liputan6.com, Jumat (8/12/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Marthinus Hukom dan memimpin pengucapan sumpah jabatan Kepala BNN yang selanjutnya diikuti oleh Marthinus.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," tutur Marthinus membaca sumpah jabatan.

Marthinus berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, Marthinus juga berjanji akan menunjung tidak akan menyalahgunakan kewenangannya sebagai Kepala BNN.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Marthinus.

Sebelum menjabat sebagai Kepala BNN, Irjen Pol. Marthinus Hukom menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror Polri yang tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/1377/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Berikut rincian kekayaan Marthinus Hukom yang resmi dilantik jadi Kepala BNN pada Jumat, 8 Desember 2023:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harta Marthinus Hukom

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan 28 Februari 2023 untuk periodik 2022, total kekayaan Marthinus Hukom sebesar Rp 16.817.716.364 atau Rp 16,81 miliar.

Total kekayaan itu antara lain terdiri tanah dan bangunan senilai Rp 12,60 miliar. Ia memiliki tujuh unit tanah dan bangunan berdasarkan hasil sendiri. Tanah dan bangunan itu berada di Bogor, Ambon, Poso, dan Jakarta Selatan.

Selain itu, Marthinus juga memiliki alat transportasi dan mesin senilai Rp 300 juta yakni mobil Toyota Rush tahun 2022 yang merupakan hasil sendiri.

Ia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 26 juta. Marthinus juga memiliki surat berharga senilai Rp 3 miliar dan mengantongi kas dan setara kas Rp 891,71 juta. Ia tidak memiliki harta lainnya dan utang. Dengan demikian, total harta Marthinus mencapai Rp 16,81 miliar.

 

3 dari 4 halaman

Sebelumnya Menjabat Kadensus 88

Irjen Pol. Marthinus Hukom sebelumnya menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror Polri, yang tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/1377/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Pria kelahiran 30 Januari 1969 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian Lemdiklat Polri Angkatan 1991, dan pernah menduduki jabatan penyidik bidang investigasi saat memulai karir di Densus 88 Antiteror Polri.

Ia juga pernah dua kali menjabat sebagai Wakadensus pada 2015 dan 2018, serta pernah dipercaya sebagai Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) 2017.

 

4 dari 4 halaman

Jadi Kepala BNN, Marthinus Hukom Akan Tindak Tegas Anggota TNI-Polri yang Terlibat Narkoba

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Marthinus Hukom menegaskan, dirinya tak akan memberikan toleransi kepada aparat TNI-Polri yang terlibat narkoba. Marthinus Hukom memastikan akan menindak tegas apabila ada aparat TNI-Polri maupun PNS yang terlibat kasus narkoba.

"Yang jelas, saya tidak mentolerir keterlibatan anggota siapapun, untuk baik itu anggota Polri, PNS, militer, kita akan melakukan kerja sama dengan setiap stakeholder untuk koreksi ke dalam. Jadi saya memberi pesan juga kepada siapapun aparat yang terlibat, kita akan melakukan tindakan tegas," jelas Marthinus usai dilantik menjadi Kepala BNN oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Dia mengaku sudah meminta dukungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menyelesaikan aparat Polri yang bermain dengan bandar narkoba. Marthinus juga akan meminta dukungan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto apabila ada keterlibatan angggota TNI dalam kasus narkoba.

"Begitu juga dengan ASN, saya juga akan berkoordinasi dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan menteri-menteri lain yang mungkin bisa membantu kita membersihkan ke dalam struktur," ujarnya.

Marthinus menuturkan keterlibatan aparat TNI-Polri dan ASN dalam peredaran narkoba, akan membuat jaringan narkoba semakin kuat. Oleh sebab itu, kata dia, struktur tersebut harus dilemahkan agar tidak ada kesempatan dalam peredaran narkoba.

"Semua peredaran narkoba ini ada 3 hal yang perlu jadi perhatian. Yang pertama adalah suplai, yang kedua adalah demand, dan yang ketiga adalah dukungan keuangan. Tiga itu harus kita hentikan, kita miskinkan bandar-bandar narkoba tersebut," tutur Marthinus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini