Sukses

Iriana Jokowi Bakal Buka Annual Charity Bazaar di JCC Hari Ini

Annual Charity Bazaar pada tahun ini menggunakan ikon Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah. Dihadiri 40 duta negara dan sekitar 300 pengusaha dari seluruh propinsi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Women International Club (WIC) kembali menggelar Annual Charity Bazaar (bazar amal tahunan) ke 54 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Gelaran tahunan ini akan dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini.

Annual Charity Bazaar pada tahun ini menggunakan ikon Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tuan rumah. Dihadiri 40 duta negara dan sekitar 300 pengusaha dari seluruh propinsi di Indonesia.

Selaku tuan rumah, Penjabat Ketua Dekranasda Propinsi NTB, Lale Prayatni Gita Ariadi mengatakan bahwa Propinsi NTB menjadi ikon acara bergengsi ini. Untuk itu segala sesuatunya telah dipersiapkan sebaik mungkin sehingga nuansa NTB benar-benar dominan di seluruh arena bazar.

Bahkan backdrop di panggung utama juga menampilkan khas NTB. Selain itu, juga disajikan berbagai makanan cemilan khas NTB produksi UMKM, tenun dan songket, gamelan dan tari budaya Samawa.

“Nuansa NTB semuanya kami bawa ke sini. Dari tenun, taplak meja semua dengan khas NTB. Begitu juga untuk kue-kue kering untuk 1000 tamu. Ada kare-kare, nutsafir, temerodok, tumbek, sama mente. Untuk tamu VVIP kami tambah dengan kue basah seperti cerorot. Semuanya dibawa langsung dari NTB,” kata Lale Prayatni dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (8/11/2023).

Menurut Lale, momen bazar tahunan WIC sangat bagus menjadi ajang promosi NTB kepada daerah lain di Indonesia  dan negara-negara luar karena ajang bergengsi ini diikuti oleh sebagian besar propinsi di Indonesia dan utusan dari 40 negara.

“Kami juga memberikan kepada panitia bazar WIC berupa tenun dari Lenek dan dibuatkan lambung(baju). Kemudian untuk lima tamu VVIP termasuk Ibu Negara (Ibu Iriana Joko Widodo), ibu Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Ketua WIC dan Ketua Panitia Bazar kami sudah mengirimkan songket Sukarara,” ujarnya, seraya menjelaskan bahwa bazar ini merupakan kali kedua NTB menjadi tuan rumah, sebelumnya pada tahun 2016.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NTB Tuan Rumah

Di tempat yang sama, Maria Ginting selaku koordinator penghubung WIC – Pemda NTB menjelaskan bahwa penunjukan NTB menjadi tuan rumah bazar tahunan WIC dilakukan sejak tiga tahun lalu. Saat itu, WIC melakukan koordinasi dengan Bunda Niken (isteri Zulkieflimansyah, Gubernur NTB waktu itu).

“Kami sudah mempersiapkan acara ini jauh hari.  Saat itu kami mengundang NTB untuk mengikuti pasar raya di Sarinah Jakarta dimana NTB mempromosikan pakaian-pakaian NTB dan tata caranya, juga kulturnya. Kami langsung koordinasi dengan Bund Niken,” kata Maria.  

Acara bazar ini sedianya dilaksanakan pada tahun 2020, namun karena waktu itu terjadi pandemi covid-19 sehingga diundur pelaksanaannya. Dan tahun 2023 ini WIC kembali mengadakan bazar besar, NTB siap menjadi tuan rumah.

“Syukurlah Pj Gubernur NTB (Gita Ariadi) mengatakan kesediaannya untuk membantu (menjadi tuan rumah) karena sudah dianggarkan sebelumnya,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, NTB mendapat  tempat utama seperti backdrop untuk acara,  stand utama di VIP, seragam tenun khas NTB untuk peserta dan untuk VIP yang akan dipakai oleh Ibu Iriana Joko Widodo pada acara peresmian. Selain itu, berbagai makanan dari NTB juga disajikan untuk VVIP.

“Ada juga Tari Samawa dari NTB mewakili kesenian Indonesia, karena masing-masing negara peserta juga akan menampilkan seni budayanya.   Juga ada acara musik gamelan dari NTB,” ujar Maria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini