Sukses

Sir Jim Ratcliffe Selangkah Lagi Miliki Manchester United, Kapan Diumumkan?

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe dikabarkan selangkah lagi menjadi pemilik Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe dikabarkan selangkah lagi menjadi pemilik Manchester United. Hal ini setelah Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani memutuskan untuk mundur dari perburuan untuk membeli klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Dilansir dari Manchester Evening News, Sir Jim Ratcliffe diperkirakan tidak akan menjadi pemilik penuh Manchester United. Sir Jim Ratcliffe hanya akan mengambil alih 25% saham klub dengan harga £1,3 miliar.

Dengan demikian keluarga Glazer tetap menjadi pemilik Manchester United bersama Sir Jim Ratcliffe.

Manchester United pun rencananya akan mengumumkan laporan keuangan tahun fiskal 2023 dalam waktu dekat. Pada momen tersebut bisa jadi diumumkan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik Manchester United bersama keluarga Glazer.

Profil Sir Jim Ratcliffe

Menurut The Sun, dia merupakan pemilik Ineos, perusahaan petrokimia bernilai miliaran pound dengan sejarah memiliki dan mengelola tim olahraga. Perusahaan saat ini memiliki klub Prancis Nice dan klub Swiss Lausanne, serta saham ketiga di tim Formula Satu Mercedes.

Pengalaman dalam bisnis olahraga dan rekam jejak kesuksesan yang terbukti dapat memberinya keuntungan dalam upayanya untuk mengambil alih Man Utd.

Jim Ratcliffe dibesarkan di gedung dewan di Failsworth, Lancashire. Dia bersekolah di Beverley Grammar School dan University of Birmingham, di mana dia memperoleh gelar di bidang teknik kimia.

Sosok kelahiran 18 Oktober 1952 tersebut kemudian belajar akuntansi manajemen di London Business School Inggris. Dia memulai kariernya di Esso sebelum pindah ke Advent International pada 1989.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Orang Terkaya di Inggris

Pada usia 40 tahun, Sir Jim Ratcliffe ikut mendirikan INSPEC dan pada 1998 dia membentuk Ineos, membeli mitra-mitranya. Ineos sekarang bernilai 35 miliar pound dan memiliki omset 45 miliar pound pada 2018.

Ratcliffe disebut sebagai orang terkaya di Inggris. Dia memiliki kekayaan 15 miliar pound atau sekitar Rp 280 triliun dan telah pindah ke Monaco untuk menghindari pajak.

Dia memiliki banyak properti di Chelsea dan Hampshire sebelum pindah ke Monaco, di mana sekarang telah menghemat pajak hingga 4 miliar pound. Pria berusia 70 tahun itu juga memiliki kapal pesiar super, termasuk Hampshire II, yang harganya sekitar £130 juta.

Karena sifatnya yang tertutup, Ratcliffe diberi nama panggilan oleh anggota stafnya dan saingan di industri tersebut. Julukan yang melekat pada miliarder itu adalah Dr. No, penjahat dalam film James Bond.

 

 

3 dari 3 halaman

Pembeli Potensial

Menurut The Sun, minat Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Manchester United pertama kali dilaporkan di musim panas 2021. Dia kemudian mengajukan tawaran ke Chelsea pada April 2022 setelah berdiskusi dengan mantan ketua Bruce Buck.

Ini karena sanksi yang diberikan kepada Roman Abramovich yang mengakibatkan penjualan paksa. Namun, tawaran untuk Chelsea tidak berhasil.

Berbicara setelah penjualan Chelsea, Ratcliffe berkata tentang MU (via The Sun): "Jika itu dijual di musim panas, ya, kami mungkin akan mencobanya, mengikuti dari Chelsea. Tetapi, kami tidak bisa duduk berharap suatu hari nanti United akan tersedia."

Sekarang Man Utd telah tersedia, juru bicara Ratcliffe berkata (melalui The Sun): "Jika klub tersebut dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial. Jika hal seperti ini memungkinkan, kami akan tertarik untuk membicarakan kepemilikan jangka panjang."

Pemilik baru akan benar-benar menandai awal baru bagi Setan Merah. Ini mengingat mereka baru saja menunjuk Erik ten Hag sebagai manajer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini