Sukses

Kementerian ESDM Gelar Energy Transitions Conference & Exhibition 2023

Kementerian ESDM bersama Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan Energy Transitions Conference & Exhibition dan Anugerah DEN 2023

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan Energy Transitions Conference & Exhibition dan Anugerah DEN 2023.

Sekertaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan, Energy Transitions Conference and Exhibition 2023 mengangkat tema collaboration to achieved the energy transitions to net zero emission 2060.

"Kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian, yakni pameran transisi energi, seminar transisi energi dan malam anugerah DEN," kata Djoko dalam sambutannya dalam Energy Transitions Conference & Exhibition, di Bidakara Hotel, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Pameran transisi energi diikuti perusahaan dan Pemerintah daerah yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 18 -20 Oktober 2023. Sementara untuk seminar transisi energi dibagi menjadi tujuh sesi.

Topik yang Diangkat

Adapun topik yang diangkat terdiri dari strategi dekarbonisasi, kesiapan industri mendukung ketahanan energi, rencana umum energi nasional, rencana umum energi daerah provinsi, peluang pengembangan energi baru terbarukan, mitigasi lingkungan, penyiapan SDM dan peran pembangkit listrik tenaga nuklir untuk mendukung transisi energi yang menghadirkan pembicara dari anggota DEN, Kementerian dan Lembaga, CEO perusahaan, pemerintah daerah, hingga akademisi.

Lebih lanjut, Djoko menyampaikan, malam anugerah DEN merupakan malam puncak acara yang akan dilaksanakan pada Jumat 20 Oktober, dimana akan dilaksanakan pemberian anugerah DEN untuk 7 kategori.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Herman Darnel Ibrahim, menyampaikan Energy Transitions Conference & Exhibition merupakan kegiatan yang dilaksanakan DEN bersama Kementerian ESDM yang kedua kalinya.

Menurut Herman, transisi energi menjadi perhatian besar dunia, dan bagi DEN ini adalah sebuah pekerjaan untuk menetapkan kebijakan energi nasional yang baru untuk menggantikan kebijakan energi nasional sebelumnya.

"Alhamdulillah daft rancangan peraturan energi nasional sudah diselesaikan oleh DEN, tinggal proses berikutnya di antaranya adalah persetujuan oleh DPR RI dan proses penetapan," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tantangan Transisi Energi

Adapun Herman juga menyampaikan terkait tantangan transisi energi di Indonesia, antara lain penyediaan dan penguasaan teknologi terutama kesiapan sistem ketenagalistrikan untuk menerima energi terbarukan yang intermiten.

Tantangan selanjutnyam yakni dukungan pendanaan, kesiapan sumber daya manusia, strategi dekarbonisasi dan konsistensi kebijakan dan regulasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.